Share

Kisah Ronald Susilo Pahlawan Bulutangkis Singapura asal Indonesia

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 08 November 2022 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 40 2703343 kisah-ronald-susilo-pahlawan-bulutangkis-singapura-asal-indonesia-9tW72WF8PP.jpg Ronald Susilo, pebulutangkis asal Indonesia yang jadi pahlawan di Singapura (Foto: ronaldsusilo.com.sg)

KISAH Ronald Susilo pahlawan bulutangkis Singapura asal Indonesia menarik untuk dibahas. Dunia perbulutangkisan Indonesia diwarnai sejumlah pemain berbakat, bahkan sukses menduduki daftar ranking teratas BWF.

Berbanding terbalik dengan Singapura yang cukup sulit untuk berada di ranking teratas BWF, terutama untuk nomor tunggal putra. Salah satu pebulutangkis tunggal putra yang cukup sukses dalam menempati ranking teratas BWF adalah Ronald Susilo.

Ronald Susilo

Siapakah dia? Berikut kisah Ronald Susilo pahlawan bulutangkis Singapura asal Indonesia.

Kisah Ronald Susilo Pahlawan Bulutangkis Singapura asal Indonesia

Nama Ronald Susilo mungkin cukup asing bagi publik Indonesia. Ia merupakan seorang pebulutangkis yang mewakili Singapura, namun sebenarnya ia adalah orang Indonesia.

Ronald Susilo diketahui lahir di Indonesia pada 1979. Mulanya, Ronald Susilo datang ke Singapura untuk mengenyam pendidikan, kebetulan ia juga memiliki hobi bermain bulutangkis. Kala itu Ronald bersekolah di Anglo Chinese School dan di sana ia bermain untuk tim bulutangkis sekolahnya.

Pria yang kini berusia 43 tahun ini tak pernah menyangka akan menjadi seorang pebulutangkis profesional. Semua terjadi secara begitu saja. Di tahun 1997, sebenarnya Ronald ingin pindah ke Australia untuk melanjutkan pendidikan. Sayangnya, krisis ekonomi yang saat itu melanda Asia dan Indonesia membuat Ronald harus gigit jari.

 BACA JUGA:3 Pebulu Tangkis Unggulan Indonesia yang Ditakuti di Hylo Open 2022, Nomor 1 Jagoan Tunggal Putra Tanah Air

Berangkat dari keluarga dengan keadaan ekonomi kelas menengah membuat Ronald harus berpikir keras agar bisa menyambung hidup di Singapura. Karena tidak ingin menjadi beban untuk keluarganya dan tidak ingin menghabiskan uang ayahnya, Ronald pun memutuskan untuk menekuni dunia publutangkis profesional.

Follow Berita Okezone di Google News

Tahun 1998 menjadi awal mula karier suksesnya. Ronald Susilo berhasil masuk ke dalam tim utama bulutangkis Singapura. Bahkan, empat tahun kemudian namanya dinobatkan sebagai pahlawan bulutangkis dan pada akhirnya Ronald memutuskan untuk pindah kewarganegaraan.

 Ronald Susilo

Selama berkarier, Ronald Susilo telah meraih banyak prestasi. Sejumlah piala berggengsi pun pernah ia raih, seperti Japan Open 2004, Thailand Open 2003, dan Luxembourg Open 2006.

Sayangnya, Ronald Susilo kerap mengalami cedera yang terjadi secara berulang. Sehingga setelah 12 tahun berkarier sebagai seorang pebulutangkis, ia memutuskan untuk pensiun pada 2010.

Demikian kisah Ronald Susilo pahlawan bulutangkis Singapura asal Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini