Share

Cedera Engkel, Jadi Penyebab Jonatan Christie Mundur di Perempatfinal French Open 2022

Rio Eristiawan, Jurnalis · Sabtu 29 Oktober 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 29 40 2696829 cedera-engkel-jadi-penyebab-jonatan-christie-mundur-di-perempatfinal-french-open-2022-TspnkO7pQv.jpg Jonatan Christie mundur dari French Open 2022. (Foto: Humas PP PBSI)

PARIS – Pelatih tim tunggal putra Indonesia, Irwansyah, mengungkap penyebab Jonatan Christie mundur di babak perempatfinal French Open 2022. Dia menyebut cedera engkel menjadi alasan utama Jonatan harus mundur.

Pertarungan ketat terjadi ketika Jonatan menghadapi Kodai Naraoka (Jepang) di babak perempatfinal French Open 2022. Laga itu digelar di Stade Pierre de Coubertin, Sabtu (29/10/2022) dini hari WIB.

Jonatan Christie

Jojo -sapaan akrab Jonatan Christie- berhasil mengamankan game pertama atas tunggal Jepang itu dengan skor 21-14. Namun, unggulan kedelapan asal Indonesia itu gagal mengamankan game kedua, setelah Naraoka berhasil menang dengan skor 14-21.

Sayangnya pada game ketiga, Jonatan tak bisa melanjutkan pertandingan. Dia mengalami cedera sehingga memutuskan untuk mundur sehingga harus menyerah 13-17.

Selepas pertandingan, Irwansyah pun mengatakan Jonatan mengalami cedera engkel saat berusaha mengembalikan shuttlecock ke lawannya. Ia menjelaskan keputusan untuk tak melanjutkan pertandingan adalah kesepakatan bersama dengan Jonatan.

BACA JUGA: Alami Cedera di Perempatfinal French Open 2022, Jonatan Christie Terjatuh dari Kursi Roda

“Jadi Jojo menderita cedera engkel setelah melakukan smash keras dan memaksa mau mengambil bola di depan net. Saya rasa cederanya terkena di momen itu," kata Irwansyah, dilansir dalam rilis PBSI, Sabtu (29/10/2022).

BACA JUGA: Jadwal Siaran Langsung Semifinal French Open 2022: Ada 1 Wakil Indonesia, Live di iNews!

“Keputusan retired diambil bersama antara saya dan Jojo. Dia akhirnya memilih menyelesaikan pertandingan lebih cepat. Saya sempat khawatir dengan cederanya. Kemudian kami putuskan mundur setelah Jojo berbicara ke saya, kalau engkel kakinya sakit saat menekan," jelasnya.

Irwansyah menjelaskan pada game ketiga Jonatan sudah bermain dengan strategi yang diberikannya. Namun, saat memaksakan diri untuk mengembalikan shuttlecock itu, dia mengalami cedera.

Follow Berita Okezone di Google News

Irwansyah mengatakan Jonatan sempat meminta bantuan medis untuk semprotan di bagian kakinya. Namun ternyata, hal itu tidak bisa dilakukan karena hanya diperbolehkan satu kali.

"Pada game ketiga, Jojo sudah bisa bermain menggunakan strategi. Sayang di awal game penentuan, ada satu momen saat Jojo memaksa mengambil bola di depan net," ucapnya.

Jonatan Christie

"Hal tersebut sedikit membuat bagian engkel luarnya kaki kanan salah menumpu, sehingga sempat membuat terasa nyeri. Jojo sempat meminta bantuan medis lagi untuk disemprot, sayang hanya diperbolehkan satu kali. Biasanya memang mendapat dua kali," tambahnya.

Sementara itu, Indonesia sudah tidak memiliki perwakilan di nomor tunggal putra. Sedangkan pasangan ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, menjadi satu-satunya wakil Indonesia di French Open 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini