Share

Soal Kesalahan Panitia Sebut Pebulutangkis Indonesia dari Malaysia di Denmark Open 2022, Hans-Kristian Vittinghus Angkat Bicara

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 25 Oktober 2022 05:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 25 40 2693798 soal-kesalahan-panitia-sebut-pebulutangkis-indonesia-dari-malaysia-di-denmark-open-2022-hans-kristian-vittinghus-angkat-bicara-BNTpkgrBsG.jpg Hans-Kristian Vittinghus angkat bicara soal kesalahan sebut nama negara di Denmark Open 2022 (Foto: BWF)

TUNGGAL putra Denmark, Hans-Kristian Vittinghus turut menyoroti kesalahan sebut nama Indonesia jadi Malaysia di podium Denmark Open 2022. Menurutnya baik panitia maupaun Federasi Bulutangkis Denmark, sudah meminta maaf soal hal tersebut.

Ia pun berharap pencinta bulutangkis Tanah Air menerima permintaan maaf mereka. Dengan begitu, tidak ada lagi ujar kebencian yang beberapa waktu terakhir bertebaran di media sosial.

Fajar Alfian/Muhammad Rian 

Sebagai informasi, momen memalukan sebut salah nama Indonesia jadi Malaysia terjadi usai final Denmark Open 2022. Saat itu dua wakil Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo hendak mendapat pengalungan medali usai menyabet peringkat satu dan kedua, Minggu 23 Oktober 20222 malam WIB.

Kemudian, saat penyiar mengumumkan The Minions –julukan Marcus/Kevin- untuk naik ke podium kedua, ia salah sebut dengan menyebut mereka berasal dari Malaysia. Lalu, hal yang sama juga terjadi saat Fajar/Rian diumumkan sebagai juara turnamen Super 750 itu.

Kedua duet jagoan Tanah Air itu pun terlihat bingung dengan penyebutan tersebut, meski mereka tetap melangkah ke podium. Namun, di media sosial para pencinta bulutangkis Indonesia merasa marah karena hal itu tak sepatutnya terjadi di turnamen sebesar Denmark Open.

BACA JUGA:Begini Prediksi Ranking BWF Kelar Denmark Open 2022: Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Naik Peringkat? 

Tak lama berselang, Federasi Bulutangkis Denmark menyampaikan rasa permintaan maaf mereka atas kesalahan itu. Mereka mengakui bahwa itu adalah murni kesalahan yang dibuat sang penyiar dan bukan sesuatu yang disengaja.

Kini, Hans-Kristian Vittinghus pun menyatakan bahwa kesalahan itu tak sepantasnya terjadi. Namun, ia juga ingin pencinta bulutangkis Tanah Air menerima permintaan maaf tersebut.

BACA JUGA:Sebut Fajar Alfian/Rian Ardianto dari Malaysia, Panitia Denmark Open 2022 Minta Maaf 

“Haruskah itu terjadi? Tidak. Apakah itu disengaja? Tidak. Haruskah Anda menerima permintaan maaf @badmintondenmark ? Ya!” tulis Hans-Kristian Vittinghus dalam Instagram pribadinya, dilansir Selasa (25/10/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

“Penyiar (yang merupakan salah satu dari banyak relawan di acara tersebut) sudah meminta maaf di arena setelah upacara. Bulutangkis Denmark secara resmi meminta maaf kepada KBRI dan pihak PBSI, CEO kami juga telah meminta maaf,” tambahnya.

Fajar Alfian/Muhammad Rian dan Marcus/Kevin

Lebih lanjut, pemain 36 tahun itu menyebut kejadian itu sama sekali tak memengaruhi hubungan Denmark dan Indonesia. Terlebih, semua orang terkait juga menyesalkan hal itu terjadi dan mereka telah memastikan kesalahan seperti itu tak akan terulang lagi.

“Itu tidak dapat dibatalkan, tetapi Badminton Denmark telah mencoba yang terbaik untuk menebus kesalahan dan memastikan itu tidak akan terjadi lagi,”jelasnya.

“Terima kasih banyak semua!” tutupnya dengan emoji love di antara bendera Denmark dan Indonesia.

Hans-Kristian Vittinghus sendiri memang dikenal dekat dengan para penggemar bulutangkis Tanah Air. Sebab, dia sangat menyukai budaya Indonesia dan bahkan mengikuti les Bahasa Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini