Share

5 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan bagi Penyandang Disabilitas

Putra Tangguh Salsabil, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2022 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 43 2681313 5-jenis-olahraga-ringan-yang-bisa-dilakukan-bagi-penyandang-disabilitas-avIiJnDXvv.jpg Berikut 5 jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan bagi penyandang disabilitas (Foto: Lace up and Run)

SEBANYAK 5 jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan bagi penyandang disabilitas akan dibahas dalam artikel ini. Sebelum membahas lebih lanjut, mari ulas sedikit tentang penyandang disabilitas.

Disabilitas adalah ketidakmampuan seseorang dalam melakukan aktivitas tertentu. Meskipun memiliki kekekurangan, bukan berarti mereka tidak dapat melakukan hal aktivitas olahraga tertentu.

Seorang disabilitas tetap dapat melakukan gerakan olahraga sesuai dengan tingkat penyakitnya. Mengenai olahraga yang dapat dilakukan bagi penyandang disabilitas ini termasuk cukup ringan, namun tetap berdampak pada kebugaran badan. Lantas, apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan bagi penyandang Disabilitas?

Berikut 5 jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan bagi penyandang disabilitas

5. Isometric Biceps Hold with Towel

Isometric Biceps Hold with Towel

(Foto: Home Gym)

Siapa sangka handuk bisa dijadikan alat olahraga sederhana. Caranya dengan menginjak ujung handuk dengan kaki kanan dan pegang ujung lainnya dengan tangan. Kemudian, rentangkan handuk tersebut, agar badan bisa bergerak.

Gerakan satu ini bakal berdampak baik untuk menegangkan otot lengan dan dapat memberikan kontraksi kepada otot lengan. Silahkan coba gerakan ini pada posisi 90 derajat selama 30 detik secara bergantian.

4. Dumbbell Wrist Curls

Dumbbell Wrist Curls

Dumbbell merupakan salah satu alat olahraga yang dapat dipakai oleh penyandang disabilitas. Caranya denagn melakukan gerakan sederhana untuk menguatkan bagian lengan. Dengan posisi duduk, gerakan dumbbell ke arah tubuh dengan menggunakan dorongan dari pergelangan tangan. Lakukan berulang dan bergantian dengan tangan lainnya.

3. Mengayuh Mini Cycle

Olahraga ini dapat dilakukan oleh penyandang disabilitas fisik sebagian atau pasca stroke. Sebab, mini cycle dapat melatih bagian tubuh tertentu, seperti tangan atau kaki yang mengayuh.

Gerakan ini juga dapat dilakukan secara berulang. Olahraga ini merupakan olahraga statis yang menggunakan pedal pada sepeda.

2. Seated Knee Lift

Seated Knee Lift

Untuk olahraga satu ini merupakan latihan yang dapat dilakukan secara perlahan dengan mengendalikan kaki, agar tidak terbawa gaya gravitasi. Olahraga ini dapat dilakukan di kursi dengan menekuk kedua lutut sambil menjaganya agar tetap menempel. Kemudian, tarik lutut ke arah dada, sambil mendorong tubuh bagian atas ke arah depan.

1. Menggerakkan Crutches

Crutches

Crutcher atau tongkat berjalan dapat dijadikan alat olahraga bagi penyandang disabilitas. Caranya dengan menggerakan tongkat ke arah depan, belakang, maupun atas dan bawah. Gerakan ini dapat dilakukan bagi difabel yang memiliki sebagian fungsi gerak seperti penyandang amputasi tangan atau kaki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini