Share

7 Cara Meningkatkan Kecepatan Lari ala Atlet Profesional

Rafid Ahmad Fauzi, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 43 2677223 7-cara-meningkatkan-kecepatan-lari-ala-atlet-profesional-Z5iZr8oj8n.jpg 7 cara meningkatkan kecepatan lari ala atlet profesional (Foto: Shutterstock)

SEBANYAK 7 cara meningkatkan kecepatan lari akan dibahas di sini. Cara-cara yang akan dibahas berikut ini biasanya digunakan oleh atlet-atlet profesional.

Bagi kamu yang memiliki hobi berlari tentu selalu menginginkan progres dalam setiap latihan, salah satunya adalah kecepatan lari. Kamu sudah berusaha olahraga dengan konsisten dan maksimal. Namun, kecepatan lari tidak kunjung meningkat.

Lari

Hal tersebut akan membuat kamu kesal, padahal teknik berlari sudah dirasa tepat. Melakukan teknik yang tepat belum cukup untuk meningkatkan kecepatan lari. Bisa saja cara yang akan kami bahas dapat membantu kamu meningkatkan kecepatan lari.

Tentunya untuk meningkatkan kecepatan lari, perlu proses yang tidak instan. Maka kamu harus latihan dengan giat dan benar. Berikut cara meningkatkan kecepatan lari ala para atlet profesional.

1. Lakukan Pemanasan yang Benar

Pemanasan

Pemanasan sebelum masuk ke olahraga inti berguna agar tubuh kita tidak kaget saat melakukan olahraga inti dan untuk meminimalisir cedera. Tentunya harus dilakukan dengan cara yang benar. Berikut latihan pemanasan yang wajib dilakukan, seperti menekuk betis ke belakang dan pemanasan umum lainnya.

Lakukan pemanasan minimal 30 detik untuk setiap gerakan, mulai dari otot bagian atas hingga bawah. Setelah dirasa sudah cukup, kamu bisa langsung masuk ke olahraga inti.

2. Awali dengan Jogging Pelan

Jogging

Untuk lari daya tahan, cara ini wajib dilakukan. Kamu juga dapat melatih kecepatan lari dengan cara ini. Buatlah tubuh kamu mempersiapkan diri untuk berlari. Lakukan setidaknya selama 3-5 menit, lalu kamu bisa meningkatkan kecepatan lari sedikit demi sedikit.

Cara ini berguna agar dapat menggunakan oksigen lebih efisien serta meningkatkan kecepatan lari dan daya tahan. Lakukan selalu sebelum mencoba berlari dengan sekuat tenaga.

3. Latihan Interval

Latihan interval

Latihan ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membangun otot. Dorong dirimu untuk berlari sekuat tenaga minimal satu menit, setelah itu kamu bisa berjalan beberapa menit untuk mendinginkan otot. Ulangi lari lagi dengan kecepatan penuh 4-5 kali agar olahraga menjadi efektif.

4. Setelah Latihan Interval, berjalanlah Selama 5 menit

Jalan sehat

Setelah selesai latihan interval, jangan langsung duduk atau istirahat karena sangat berbahaya bagi tubuh. Kamu harus berjalan minimal 5 menit untuk menurunkan detak jantung dan menghindari resiko cedera.

5. Latihan Kekuatan

Angkat barbel

Berlatih lari saja tidak cukup, kamu harus mencoba berlatih kekuatan dengan workout dan pergi ke gym. Pada awal latihan, gunakanlah barbel yang ringan 2-3 kilogram. Setelah itu, kamu bisa meningkatkan berat barbel ataupun memperbanyak repetisi.

6. Latihan Berlari Menanjak

Berlari menanjak

Jika kamu berada di wilayah dataran rendah, kamu diuntungkan karena bisa melakukan latihan ini di wilayah kamu tinggal. Jika tidak, kamu bisa menggunakan treadmill dengan menaikan treadmill dengan kemiringan 5% dan mulailah berlari.

7. Makanan dan Gaya Hidup Sehat

Makanan sehat

Terakhir, yang tidak kalah penting. Setelah semua cara di atas sudah kamu lakukan, kamu juga harus mengimbanginya dengan makanan dan gaya hidup sehat.

Makanlah makanan yang mengandung serat dan vitamin yang tinggi bagi tubuh. Kamu juga harus menjaga gaya hidup dengan tidur cukup minimal 7 jam per hari untuk orang dewasa.

Demikian cara meningkatkan kecepatan lari ala para atlet profesional, yang dirangkum oleh tim Okezone. Seluruh cara itu akan percuma jika tidak dilakukan secara konsisten. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini