Share

Mengenal Olahraga Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar

Salma Sita Rosulina, Jurnalis · Minggu 25 September 2022 06:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 43 2674397 mengenal-olahraga-kombinasi-gerak-dasar-jalan-lari-lompat-dan-lempar-2kN98xCHf3.jpg Mengenal olahraga kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar (Foto: Reuters)

MENGENAL olahraga kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar akan diulas dalam artikel ini. Kegiatan olahraga bisa dilakukan dengan beragam jenis dan cara yang banyak.

Bukan hanya sekadar olahraga permainan, seperti bulu tangkis, sepak bola, maupun basket, ada olahraga lainnya sederhana, yang dilakukan tak memerlukan alat bantu. Salah satunya olahraga kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar.

Lari

Adapun langkah-langkah yang pertama untuk melakukan olahraga ini adalah melakukan jalan terlebih dahulu. Kemudian setiap langkah kaki, semakin dipercepat hingga jadi berlari.

Setelah itu, semakin dekat dengan tempat untuk lompat, gunakan teknik tolakan, yang mana kaki yang digunakan adalah kaki yang terkuat dan dominan sampai tubuh terangkat ke atas untuk melompat. Kemudian, baru bisa melempar benda dalam waktu yang bersamaan.

Kombinasi olahraga jalan, lari, lompat dan lempar merupakan hal dasar yang sering dilakukan. Namun apabila melakukan teknik yang salah, maka bisa mengakibatkan besar cedera yang berbahaya.

Maka dari itu, walaupun itu merupakan hal biasa, tapi Anda harus mengetahui bagaimana cara menggabungkan gerakan tersebut ke dalam satu rangkaian gaya gerak. Nah, untuk lebih detailnya, silahkan simak cara kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar berikut ini:

1. Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari dan Lompat

Mengenal kombinasi gerak dasar lari

Untuk lakukan ini langkah pertama yang harus dilakukan adalah berjalan. Selanjutnya, coba tambahn langkah kaki Anda untuk segera mulai berlari. Kemudian, sebagai persiapan gerakan selanjutnya lakukan tumpuan di kaki terkuat, untuk Anda bersiap melompat.

2. Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari dan Lempar

Lari dan Lempar

Tak jauh berbeda dari poin sebelumnya, kombinasi gerak dasar jalan, lari, dan lempar juga dimulai dengan berjalan kaki. Kemudian, salah satu tangan memegang bola atau benda yang hendak dilempar. Selanjutnya, lari dengan irama kaki dan dengan langkah silang.

Tangan yang digunakan untuk melempar, juga harus stabil. Setelah itu lempar benda tersebut ke depan sambil memutar bahu sampai badan tepat menghadap lurus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini