Share

Mengenal Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar

Salma Sita Rosulina, Jurnalis · Sabtu 24 September 2022 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 43 2674123 mengenal-kombinasi-gerak-dasar-jalan-lari-lompat-dan-lempar-ny4SGvAU61.jpg Gerak dasar jalan, lari, dan lompat (Foto: Instagram/alicasmd)

MENGENAL kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar akan dibahas di artikel ini. Kombinasi ini merupakan satuan dari jenis olahraga jalan, lari, lompat dan lempar.

Adapun langkah-langkah yang pertama adalah melakukan jalan terlebih dahulu, kemudian setiap langkah kaki gerakannya semakin dipercepat hingga jadi berlari. Setelah itu, semakin dekat dengan tempat untuk lompat, melakukan teknik berupa tolakan yang mana kaki yang digunakan adalah kaki yang terkuat dan dominan sampai tubuh terangkat ke atas dan melayang. Kemudian, baru bisa melempar benda dalam waktu yang sebentar.

Usain Bolt

Walaupun jalan, lari, lompat dan lempar adalah hal dasar bahkan hal umum yang sering dilakukan, tapi apabila dalam melakukannya teknik yang digunakan kurang tepat, maka kemungkinan besar cedera akan terjadi.

Maka dari itu walaupun termasuk hal biasa, tapi kita harus mengetahui bagaimana cara menggabungkan atau mengombinasikan seluruh gaya itu ke dalam satu rangkaian gaya gerak. Adapun tahapannya sebagai berikut:

1. Mengombinasikan gerak dasar jalan, lari dan lompat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah jalan, dilanjut dengan langkah kaki sedikit demi sedikit mulai cepat. Selanjutnya, mulai lari serta memantapkan langkah terakhir sebagai persiapan gerakan selanjutnya yaitu tolakan atau tumpuan.

Kaki yang digunakan sebagai tumpuan adalah kaki yang paling kuat supaya bisa menumpu serta menolak ke atas. Tolakan sendiri arah dilakukannya yaitu ke depan dan juga ke atas sehingga membentuk sudut 45 derajat.

Kemudian, kedua lengan diangkat ke atas sambil meluruskan kali ke arah depan dengan sangat cepat agar bisa melayang di udara sebelum mendarat. Selanjutnya pendaratan dilakukan dengan meluruskan kaki ke arah depan dan badan juga diharuskan mengarah ke arah depan.

f. Dan terakhir, lutut sedikit ditekuk ketika 2 kaki akan mulai menyentuh tanah. Dahulukan ujung kaki untuk melakukan pendaratan dan otomatis akan mendarat sampai dengan semua bagian telapak kaki menyentuh tanah.

2. Mengombinasikan gerak dasar jalan, lari dan lempar

Jogging

Awalan dimulai dengan posisi badan tegak dan 1 kaki di depan Kemudian salah satu tangan, boleh kanan atau kiri, memegang bola dengan mengarahkannya ke belakang dan pastikan yang menghadap ke atas adalah telapak tangan.

Selanjutnya, lari dengan irama kaki dan dengan langkah silang. Tangan yang digunakan pun harus stabil serta lengan kiri yang disesuaikan oleh Anda. Kemudian, dari yang dilakukan semakin lama intensitas larinya agak dipercepat.

Kemudian sesudah itu, barang yang akan dilempar ditarik dan diarahkan oleh tangan untuk melakukan lemparan. Tatapan mata harus fokus tertuju kepada arah target lemparan supaya tidak melenceng.

Setelah itu lempar ke depan sambil memutar bahu sampai badan tepat menghadap lurus ke tempat melempar, kemudian bola atau benda tersebut boleh dilempar.

Jika yang digunakan untuk melempar adalah tangan kanan, maka ayunkan tangan kanan ke arah depan dilanjut menyilang ke samping badan. Bersamaan dengan kaki kanan yang dipindah ke bagian depan kaki kiri.

Maka lakukan sebaliknya, apabila lemparan dilakukan menggunakan tangan kiri maka ayunkan tangan kiri ke arah depan sambil menyilang ke samping kanan badan serta memindahkan kaki kiri ke depan kaki kanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini