Share

Ferrari Sering Dihina karena Salah Strategi di F1 2022, Carlos Sainz Jr Bilang Begini

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 20 September 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 37 2670861 ferrari-sering-dihina-karena-salah-strategi-di-f1-2022-carlos-sainz-jr-bilang-begini-JtRsRzafVY.jpg Carlos Sainz Jr berikan pembelaan kepada Ferrari (Foto: Formula One)

SALAH satu tim Formula One (F1) 2022, Scuderia Ferrari kerap mendapat sindiran akibat perfroma buruknya musim ini. Ferrari sering diejek karena sering salah menerapkan strategi di setiap balapan.

Mengenai hal itu, salah satu pembalap mereka, Carlos Sainz Jr angkat bicara. Menurutnya, Ferrari bukan salah strategi, namun terus mencari keseimbangan yang pas untuk mobilnya di F1 2022.

 Carlos Sainz Jr

Diketahui sebelumnya, performa Ferrari secara perlahan mulai menurun. Sempat meledak di awal musim, Tim Kkuda Jingkrak itu kian melempem mendekati akhir F1 2022.

Hal itu dinilai karena banyaknya kesalahan pengambilan keputusan dan sejumlah blunder yang mereka lakukan sendiri. Salah satunya adalah yang belum lama ini terjadi pada Carlos Sainz Jr di F1 GP Belanda 2022.

Saat itu, pembalap asal Spanyol tersebut, yang punya kesempatan menang malah kehabisan banyak waktu di pit stop. Itu akibat timnya belum mempersiapkan ban pengganti untuk Carlos Sainz Jr.

Selain itu, pabrikan asal Italia tersebut beberapa kali dianggap salah memasukkan Charles Leclerc ke pit dan lebih mendahulukan Carlos Sainz Jr untuk berada di posisi depan. Padahal, pada awal musim ini pembalap asal Monako itu berada di puncak klasemen dan bersaing ketat dengan Max Verstappen. 

Oleh karena itu, Ferrari sering diejek oleh fans F1 karena ulah konyol mereka tersebut. Akan tetapi, Carlos Sainz Jr memberikan pembelaaan pada timnya.

“Saya pikir Anda perlu memilih dan menganalisis performa kami satu per satu. Saya cukup yakin satu per satu, setiap hasil atau setiap kesimpulan akan berbeda. Bagi saya, ini semua tentang perbaikan terus-menerus dan terus mencari cara untuk membuat keputusan yang tepat pada waktu yang tepat,” kata Carlos Sainz Jr dilansir dari Formula1news.

Carlos Sainz Jr

“Dan ada banyak waktu sepanjang tahun di mana kami telah membuat keputusan yang tepat dan tidak ada yang datang kepada kami untuk mengatakan, 'Oh, Anda melakukan panggilan yang benar' atau memberi selamat kepada kami untuk itu,” imbuhnya.

“Tetapi di sisi lain, ketika ada dua atau tiga kesalahan di mana kami membuat keputusan buruk, ada kritik besar-besaran tentang hal itu,” tuturnya.

Ferrari sendiri saat ini duduk di posisi kedua di klasemen kontstruktor F1 2022 dengan koleksi 406 poin. Dengan enam balapan tersisa, mereka harus realistis, karena sangat berat untuk mengejar Red Bull Racing yang unggul 139 poin dari mereka.

Tim yang dikepalai Mattia Binotto itu sekarang harus fokus mengamankan posisi runner up agar tidak tersalip oleh Mercedes yang membuntuti di posisi tiga dengan selisih 35 poin saja dari mereka. Balapan selanjutnya akan berlangsung di F1 GP Singapura 2022 pada 2 Oktober mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini