Share

Andrea Dovizioso Pensiun Tanpa Gelar Juara Dunia MotoGP, Johann Zarco: Itu karena Marc Marquez

Rio Eristiawan, Jurnalis · Minggu 11 September 2022 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 11 38 2665054 andrea-dovizioso-pensiun-tanpa-gelar-juara-dunia-motogp-johann-zarco-itu-karena-marc-marquez-5vRBNkQsHS.jpg Momen kebersamaan Andrea Dovizioso dengan Marc Marquez. (Foto: MotoGP)

MISANO - Pembalap Tim Pramac Ducati, Johann Zarco sangat menyayangkan Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF) pensiun dari MotoGP dengan status tanpa gelar juara dunia sama sekali. Menurut Zarco, hal itu dapat terjadi karena Dovizioso mengalami nasib buruk lantaran berada satu generasi dengan Marc Marquez (Repsol Honda) yang dapat mendominasi gelar juara MotoGP sedari 2013-2019.

Dovizioso sempat menjadi pembalap Ducati pada tahun 2013 hingga 2020. Pembalap asal Italia itu pun berhasil menemukan penampilan apik untuk menjadi penantang gelar juara.

Meski menunjukkan performa apik bersama pabrikan asal Borgo Panigale, tetapi Dovizioso gagal mendapatkan satu gelar juara MotoGP di sepanjang karirnya. Pasalnya, ia harus bersaing ketat dengan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang sedang berada di puncak kejayaan.

Andrea Dovizioso

Dovizioso selalu gagal untuk bisa mengalahkan Marquez untuk menjadi juara dunia. Pembalap yang kini berusia 36 tahun itu harus puas menjadi runner-up pada tiga musim berturut-turut pada 2017 hingga 2019.

Meski gagal menjadi juara dunia dan hanya menempati posisi runner-up selama tiga tahun beruntun, tetapi Zarco tetap terkesima dengan penampikan Dovizioso. Ia pun menganggap Dovizioso sebagai juara dunia, setelah Marquez.

“Dia (Dovi) menjadi runner-up tiga kali berturut-turut. Bagi saya, dia sedikit seperti juara dunia setelah Marquez,” kata Zarco dilansir dari Motosan, Minggu (11/9/2022).

Pembalap asal Prancis itu menyebut Dovizioso mendapatkan nasib buruk dengan berada di periode Marquez, sehingga membuatnya gagal meraih gelar juara dunia MotoGP. Zarco pun takjub dengan keputusan Dovizioso untuk kembali tampil di MotoGP, karena sempat berpikir bakal pensiun di 2020.

Andrea Dovizioso

“Dia memiliki nasib buruk berada di periode Márquez. Itu fantastis. Saya pikir dia akan mengundurkan diri pada akhir tahun 2020 dan saya tidak menyangka dia kembali ke Yamaha,” tambahnya.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini