Share

Jelang MotoGP 2022: CEO Sirkuit Sepang Tak Anggap Sirkuit Mandalika sebagai Kompetitor

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 20:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 38 2663021 jelang-motogp-2022-ceo-sirkuit-sepang-tak-anggap-sirkuit-mandalika-sebagai-kompetitor-mLljOGSeJm.jpg MotoGP Mandalika 2022. (Foto: MotoGP)

JAKARTA – CEO Sepang International Circuit (SIC), Azhan Shafriman Hanif, mengomentari kehadiran Sirkuit Mandalika, Indonesia, sebagai venue baru balapan MotoGP 2022. Dia pun memastikan tak menganggap Sirkuit Mandalika milik Indonesia sebagai saingan Sirkuit Sepang di Malaysia.

Justru, Azhan menilai kehadiran trek yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), itu sangat bagus untuk dunia olahraga. Sebab, dengan hadirnya Sirkuit Mandalika, hal itu akan semakin menambah panjang daftar negara di Asia yang memiliki trek balap.

Sirkuit Mandalika

Seperti diketahui, Sirkuit Sepang telah menjadi langganan sirkuit yang menggelar balapan MotoGP sejak 1999. Bahkan, mereka juga rutin menghelat balapan Formula 1, meski saat ini sudah tidak menghelatnya lagi.

Bisa dibilang sirkuit yang berlokasi di Selangor itu sudah sangat ikonik untuk balapan di Asia bagi para pembalap MotoGP dan juga Formula 1. Namun, saat ini sang negara tetangga, Indonesia, juga memiliki sirkuit balap berstandar internasional yakni Mandalika.

BACA JUGA: Penyebab Dirut MGPA Berharap MotoGP Mandalika 2023 Digelar di Pertengahan Musim

Sejak tahun lalu, Mandalika telah menggelar balapan World Superbike dan tahun ini mulai menghelat balapan MotoGP 2022 yang sudah berlangsung pada Maret 2022. Publik pun menilai trek yang dibangun di dekat pantai itu akan menjadi saingan dari Sirkuit Sepang.

Namun, Azhan tak berpikiran seperti itu. Meski mengakui tantangan untuk meramaikan Sepang dengan kehadiran Mandalika di MotoGP jelas ada.

"Ya memang banyak tantangan untuk SIC ketika Indonesia mengumumkan balapan MotoGP di Mandalika. Akan tetapi, kami tidak memandang Mandalika sebagai kompetitor kami," kata Azhan kepada awak media di Kuningan, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

"Justru itu membuat semakin banyak negara-negara di Asia ini punya sirkuit masing-masing dan itu baik untuk dunia olahraga," imbuhnya.

Sirkuit Mandalika

Pada tahun ini, MotoGP Malaysia akhirnya kembali digelar setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19. Balapan tersebut akan berlangsung padab21-23 Oktober 2022.

Azhan mengatakan pihaknya memprediksi akan ada sekitar 8000 penonton dari Indonesia yang akan datang ke Sepang dalam perhelatan MotoGP Malaysia 2022. Sebab, sejak dari dulu penonton dari Tanah Air menjadi penonton internasional terbanyak yang memenuhi Sirkuit Sepang di setiap balapan kuda besi paling elite di dunia itu dihelat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini