Share

3 Petenis Indonesia yang Pernah Menang Grand Slam, Nomor 1 Juara di Wimbledon

Cita Zenitha, Jurnalis · Jum'at 19 Agustus 2022 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 40 2650533 3-petenis-indonesia-yang-pernah-menang-grand-slam-nomor-1-juara-di-wimbledon-asjaE3D2HA.jpg 3 Petenis Indonesia yang Pernah Menang Grand Slam. (Foto: Instagram/priskanugroho)

3 petenis Indonesia yang pernah menang Grand Slam menarik untuk dibahas. Petenis Indonesia sebenarnya sudah ada yang pernah menjuarai ajang grand slam, namun jarang sekali ada yang tahu tentang fakta tersebut.

Olahraga tenis memang tidak sebesar bulu tangkis atau sepak bola yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Kendati demikian, olahraga tenis selalu mencetak atlet-atlet unggul yang turut mengharumkan nama bangsa.

Indonesia memiliki beberapa pemain unggul dalam dunia tenis yang telah memenangkan ajang bergengsi Grand Slam. Beberapa nama berikut ini juga telah menduduki peringkat dunia olahraga tenis. Siapa saja mereka?

Berikut 3 Petenis Indonesia yang Pernah Menang Grand Slam

3. Priska Madelyn Nugroho

Priska Madelyn Nugroho

Petenis Indonesia yang berhasil menang Grand Slam adalah Priska Madelyn Nugroho. Tahun 2020 lalu ia berhasil rebut gelar juara Grand Slam kelas junior di Australia Open bersama Alexandra Eala.

Dalam sebuah wawancara walau sudah mendapat medali emas Priska mengaku tidak sengaja turun kedua tenis. Awalnya ia hanya senang melihat saudaranya bermain tenis, hingga akhirnya ia mulai kepincut dan menjadi petenis handal kebanggan Indonesia.

2. Tami Grende

Atlet tenis berbakat Indonesia yang memenangkan Grand Slam selanjutnya adalah Tami Grende. Perjalannya di dunia tenis tentu tidak mudah sampai-sampai ia bisa memenangkan kejuaraan tenis bergengsi Wimbledon tahun 2014 silam.

Meski terhalang finansial bukan halangan bagi perempuan asal Bali ini terus berlatih dengan gigih. Pada musim tersebut Tami berhasil memuncaki peringkat 36 dunia hingga ia bisa bergabung ke turnamen yang lebih tinggi lagi. Ditahun yang sama ia juga memenangkan kejuaraan Chief Ministers Cup ITF Malaysian International di Malaysia.

1. Angelique Widjaja

Angelique Widjaja

Usia Angelique Widjaja memang masih dikatakan sangat produktif ketika ia memutuskan untuk mengambil pensiun dari dunia tenis yang membesarkan namanya. Di tengah kesuksesan kariernya selama bermain tenis melesat pada tahun 2001, ia membuat sejarah dengan menjadi orang Indonesia pertama yang memenangkan gelar junior Wimbledon.

Tahun berikutnya menjadi musim gemilang bagi perempuan yang akrab disapa Anggie ini. Pasalnya ia telah sukses masuk putaran kedua kompetisi tunggal Grand Slam mengalahkan Jill Craybas di edisi 2002.

Selama kariernya Anggie pernah mengalami cedera pada 2005 dan kembali pada 2006. Tak beberapa lama setelah memenangkan turnamen ITF Indonesia 2008 ia memutuskan untuk pensiun.

Itulah 3 petenis Indonesia yang ernah menang Grand Slam. Dengan adanya atlet Indonesia yang turut mengharumkan Indonesia dalam bidang olahraga tersebut, semoga kedepannya tenis semakin dilirik kaum muda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini