Share

5 Nama Besar di Dunia Bela Diri Sambo, Ada Vladimir Putin hingga Khabib Nurmagomedov

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2022 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 43 2648498 5-nama-besar-di-dunia-bela-diri-sambo-ada-vladimir-putin-hingga-khabib-nurmagomedov-Ugfhc5yH8J.jpg Berikut 5 nama besar di dunia bela diri Sambo (Foto: Reuters)

ADA 5 nama besar di dunia bela diri sambo Rambo, yang akan diulas dalam artkel ini. Ya, seni bela diri modern yang digemari Presiden Ruisa, Vladimir Putin ini memang masih asing sebagian masyarakat Indonesia.

Meski begitu, seni bela diri asal Rusia ini nyatanya banyak diminati di negara asalnya bahkan Internasional. Seni bela diri tanpa senjata ini menggabungkan teknik gulat dan bela diri judo.

Seni bela diri ini dicetuskan oleh Vasili Sergeyevich Oshchepkov, mata-mata Uni Soviet pada tahun 1920-an. Mulanya, ia ditugaskan untuk mempelajari judo pasca kekalahan Rusia dalam perang Rusia-Jepang pada tahun 1905.

Kemudian, Oshchepkov belajar judo dan jujitsu bersama klub judo Azabu yang bernaung di bawah Resimen Infanteri I Tentara Kekaisaran. Sejak saat itu, Sambo di Rusia terus berkembang hingga sekarang.

Lantas, siapa saja nama besar di dunia seni bela diri Sambo? Berikut 5 nama besar di dunia bela diri Sambo:

5. Vladimir Putin

Vladirmir Putin

Vladimir Putin termasuk salah satu pemimpin negara yang paling disegani bahkan ditakuti di mata dunia. Presiden Rusia ini merupakan mantan agen rahasia Badan Intelijen Soviet, Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) yang dikenal sebagai pemegang sabuk hitam dua bela diri sekaligus, yakni Judo dan Sambo.

Vladimir Putin diketahui mencatatkan namanya di peringkat ke-9 Internasional Judo Federation pada 2012. Ia juga mahir dalam bela diri Sambo, bela diri khas negeri Beruang Merah ini.

4. Murat Khasanov

Murat Khasanov termasuk satu-satunya juara kelas berat dunia 11 kali dalam kejuaraan Sambo. Ia dianggap sebagai salah satu orang yang terbaik dalam Sambo dan Judo.

Pada 1995 Murat Khasanov dinobatkan sebagai atlet Rusia yang dihormati. Murat Khasanov juga anggota dari FIAS, dan hingga kini menjadi ketua komite budaya fisik dan olahraga republik Adygea.

Murat Khasanov adalah kapten Pasukan Nasional Rusia di Sambo selama lebih dari satu dekade. Dari 1997 hingga akhir karier olahraganya, ia tak pernah mengalami satupun kekalahan.

3. Islam Makhachev

Islam Makhachev

Dari pemimpin negara beralih ke atlet, Islam Makhachev, petarung UFC asal Rusia yang pernah menjuarai juara dunia Sambo pada 2016. Tak banyak yang tahu, kesukaan Islam Makhachev atas olahraga bela diri disebabkan masih kerabat juara dunia atlet bela diri campuran, Khabib Nurmagomedov.

Islam Makhachev mulai debut di Mixed Martial Art (MMA) pada 2010. dan Mulai debut di M-1 Global pada 2011. Salah satu pertandingan yang menarik perhatian adalah kala Islam Makhachev bertanding melawan pemegang sabuk hitam Brasil ketika itu.

2. Irina Rodnina

Kemudian ada Irina Rodnina, atlet bela diri Sambo legendaris yang lahir di Moskow pada 1949. Atlet legendaris ini masuk Buku Rekor Guinness sebagai orang yang tak pernah terkalahkan dalam kompetisi Internasional.

Irvina Rodnina mulai debut pada 1964 di ajang Moskow Skates dan berhasil sabet medali emas. Setahun kemudian ia juga mendapatkan medali perunggu di kejuaraan Nasional. Pada 1969 di kejuaraan Eropa, ia dianugerahi dengan gelar Master of Sports setelah berhasil memenangkan kejuaraan dunia sebanyak 11 kali.

1. Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov

Siapa yang tak kenal dengan Khabib Nurmagomedov? Ya, juara dunia atlet bela diri campuran profesional asal Rusia ini dikenal dengan ciri khas dalam bela dirinya dengan menggunakan Sambo.

Khabib Nurmagomedov diketahui memiliki kedekatan dengan bela diri Sambo melalui mendiang sang ayah, Abdulamanap. Sang ayah, semasa hidup dikenal sebagai salah satu jagoan sambo yang membuatnya pernah menjadi pelatih timnas combat Sambo di Dagestan, Rusia.

Memulai debutnya di arena ketika 17 tahun, kala itu ia harus menerima kekalahan setelah berhadapan dengan Magomed Ibragimov dalam pertarungan sengit. Ia pun berlatih secara sungguh-sungguh dan ia berhasil menyandang dua kali juara dunia UFC kelas ringan.

Kemudian, ia memegang rekor sebagai pegulat tak terkalahkan terpanjang di Mixed Martial Arts (MMA) dengan 29 kemenanga. Ia tak terkalahkan dalam MMA Profesional.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini