Share

Mengenal Sambo, Senjata Mematikan Legenda UFC Khabib Nurmagomedov!

Cita Zenitha, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2022 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 43 2646626 mengenal-sambo-senjata-mematikan-legenda-ufc-khabib-nurmagomedov-RAt93rZ1Q7.jpg Mengenal Sambo senjata mematikan Legenda UFC Khabi Nurmagomedov (Foto: Reuters)

MENGENAL Sambo, senjata mematikan legenda UFC, Khabib Nurmagomedov, akakn diulas dalam artikel ini. Ya, siapa yang tak kenal Khabib Nurmagomedov, atlet UFC asal Rusia yang ditakuti jika sudah masuk ring octagon.

Bukan hanya memiliki badan yang kekar, Khabib Nurmagomedov juga dikenal beringas jika di ring UFC. Bahkan, ia punya senjata mematikan yang dikenal dengan Sambo.

Khabib Nurmagomedov

Untuk diketahui, Sambo merupakan olahraga dari Rusia. Sambo sendiri singkatan dari SAMozashchita Bez Oruzhiya, yang dapat diartikan sebagai “bela diri tanpa senjata”.

Olahraga ini juga menjadi salah satu olahraga terpopuler di Rusia, terlebih pada 1940-an. Bahkan, kemiliteran Rusia mewajibkan anggotanya untuk berlatih Sambo.

Jauh sebelumnya, dua peneliti Uni Soviet di bidang olahraga, Anatoly Kharlampiyev dan I.V. Vasiliev terus mempelajari bela diri di seluruh dunia. Sampai pada 1938, Anatoly Kharlampiyev dan I.V Vasiliev menegaskan bawah Sambo merupakan bela diri asli dari Uni Soviet

BACA JUGA:Hadapi Islam Makhachev, Charles Oliveira Sengaja Ingin Buat Khabib Nurmagomedov Kembali dari Pensiun

Pada dasarnya, Sambo masuk dalam kategori gulat. Dua petarung di dalam lapangan, bakal saling menjatuhkan selama 3-5 menit, sesuai level.

Dalam mengembangkan beladiri tersebut, pemimpin Uni Soviet dibantu oleh Viktor Spiridonov, veteran perang dunia pertama. Kemudian, ada pula Vasili Oshchepkov inspektur beladiri mengembangkan bela diri Sambo sesuai dengan kepentingan perang.

Khabib Nurmagomedov

Baru pada 1968 Sambo diakui oleh Federasi Gulat Dunia. Meski Sambo belum begitu populer, olahraga ini telah melahirkan sejumlah nama-nama. Salah satu yang paling terkenal adalah Khabib Nurmagomedov.

Ya, berhubung Khabib Nurmagomedov berasal dari Rusia, ia juga mempelajari teknik mematikan ini. Ketika berduel di Octagon legenda UFC, Khabib Nurmagomedov, melumpuhkan lawan bertarungnya menggunakan teknik Sambo. Dengan teknik sambo Khabib Nurmagomedov berhasil menjadi pegulat andalan The Eagle.

Ia kerap kali menggunakan teknik Sambo untuk melibas musuhnya. Khabib Nurmagomedov sendiri belajar beladiri sambo langsung dari sang ayah yaitu Abdulmanap Nurmagomedov.

Kegigihannya Khabib Nurmagomedov dalam berlatih Sambo membawanya meraih gelar juara pada 2009 di Rusia. Hingga saat ini, Khabib Nurmagomedov menggunakan Sambo sebagai senjata andalan untuk mematahkan musuh di lapangan. Ia juga berhasil menjadi juara bertahan sebanyak 29 kali.

Masih segar diingatan publik bagaimana Khabib Nurmagomedov mengalahkan Conor McGregor pada pertandingan UFC 229. Di pertandingan tersebut tentu saja Khabib Nurmagomedov menggunakan beladiri Sambo yang ia kuasai.

Sementara itu, Sambo di Indonesia juga sudah mulai berkembang. Hal itu terlihat ketika Sambo digelar pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Kemudian, Sambo juga dimainkan dalam laga eksibisi pada PON XX Papua 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini