Share

Valentino Rossi Pernah Ungkap Penyebab Banyak Pembalap MotoGP Alami Kecelakaan, Sindir Marc Marquez?

Krisna Octavianus, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2022 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 38 2646791 valentino-rossi-pernah-ungkap-penyebab-banyak-pembalap-motogp-alami-kecelakaan-sindir-marc-marquez-knA4GvVTPY.jpg Valentino Rossi sebut banyak pembalap MotoGP sekarang mengalami kecelakaan, sindir Marc Marquez? (Foto: MotoGP)

LEGENDA MotoGP, Valentino Rossi mengungkapkan alasan mengapa banyak pembalap MotoGP sekarang mudah alami kecelakaan. Apakah ini menyindir Marc Marquez?

Kita tahu kalau Marc Marquez memang pembalap yang berani dan bermanuver dengan nekad. Bahkan, ia sampai mengalami kecelakaan hebat pada 2020 yang akhirnya memengaruhi kariernya saat ini.

Valentino Rossi

Kasus kecelakaan di MotoGP atau crash memang semakin banyak. Pembalap sekarang lebih ekstrem dalam melakukan manuver di lintasan.

Menurut Valentino Rossi, hal itu memang akhirnya perkembangan dari gaya membalap dan juga faktor motor. Hal itu akhirnya memengaruhi crash di lintasan saat membalap.

"Namun jelas ini hal yang bagus, karena gaya membalap berkembang dalam beberapa tahun belakangan ini. Terutama pada posisi dan motor," ungkap pembalap dengan julukan The Doctor ini seperti dikutip dari Tuttomororiweb..

"Coba perhatikan, sekarang pembalap sangat miring ketika melakukan belokan pada tikungan. Sampai-sampai bahu dan kepalanya hampir menyentuh tanah," kata Valentino Rossi.

Valentino Rossi

Selain itu, ia juga menganalisis mengapa sekarang pembalap muda lebih mencuat dibanding pembalap senior di MotoGP. Hal itu terjadi karena balapan motor paling terkenal di dunia ini membutuhkan fisik prima dan pembalap muda masih memilikinya.

Hal ini ternyata berpengaruh, terutama pada late breaking. Pembalap perlu melakukan pergantian arah dengan cepat, dan itu menuntut fisik yang luar biasa.

"Melalui late braking, pembalap bisa begitu cepat di tikungan, sehingga mampu mengubah jalannya balapan. Tapi ketika itu dilakukan, Anda harus memiliki fisik yang sempurna setiap balapan," kata Rossi.

"Satu yang pasti, kendaraan akan menjadi lebih berat ketika melakukan pergantian arah atau saat menikung. Jadi, perlu kekuatan lebih untuk menaklukkan lintasan dengan motor Anda," pungkas pembalap yang sudah pensiun pada 2021 ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini