Share

MotoGP 2022: Andrea Dovizioso Nilai Pabrikan Eropa Mulai Bangkit sejak 5 Tahun Lalu

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 38 2645959 motogp-2022-andrea-dovizioso-nilai-pabrikan-eropa-mulai-bangkit-sejak-5-tahun-lalu-xNw7n2cDjA.jpg Andrea Dovizioso komentari sepak terjang pabrikan Eropa di MotoGP (Foto: MotoGP)

FORLI – Pembalap WithU Yamaha RNF, Andrea Dovizioso, buka suara soal perkembangan persaingan di MotoGP. Menurutnya, pabrikan Eropa mulai unjuk gigi di MotoGP dalam lima tahun terakhir ini.

Dovizioso menilai, perbedaan struktur tim menjadi pembeda antara pabrikan Eropa dan Jepang. Itu jadi salah satu alasan pabrikan Eropa mulai bangkit di MotoGP.

Andrea Dovizioso (Foto: MotoGP)

Pabrikan Eropa memang mendominasi di MotoGP 2022. Meski Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) tengah memimpin klasemen, Aprilia Racing dan Ducati selalu memberikan ancaman dalam setiap balapan.

Dari 12 balapan yang berlangsung, pabrikan Eropa sudah memenangkan sembilan di antaranya. Ducati mengirimkan pembalapnya memenangkan tujuh balapan dengan Aprilia serta KTM merebut satu kemenangan.

Dovizioso menilai, itu tidak lepas dari fakta tim Eropa memiliki organisasi yang sangat berbeda. Selain itu, dia menilai hal tersbeut dimulai sejak beberapa tahun lalu.

Apalagi, Dovizioso sudah cukup berpengalaman dengan pabrikan Eropa karena pernah membela Ducati dan Aprilia. Dia pun merasakan perbedaan dalam struktur setiap tim.

“Hal itu sudah jelas dan bukan sejak tahun ini. Saya pikir dalam lima atau enam tahun terakhir, perubahan sudah dimulai. Struktur pabrikan Eropa sangat berbeda jika dibanding Jepang,” kata Dovizioso, dikutip dari Speedweek, Kamis (11/8/2022).

Andrea Dovizioso (Foto: MotoGP)

Dovizioso menyatakan, pabrikan Eropa lebih berani dalam mengambil risiko. Itu membuat mereka tampil cepat ketimbang pabrikan Jepang yang kerap bermain aman.

“Pabrikan Eropa berani mendorong dan mengambil risiko. Hal itu sangat berbeda dengan pabrikan Jepang. Hal itu jelas mengubah MotoGP. Tetapi, bukan sejak tahun ini. Dari sudut pandang saya, pabrikan Eropa menunjukkan hasil karena bekerja dengan cara berbeda,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini