Share

3 Pelatih Bulu Tangkis Indonesia yang Melatih di Kanada, Nomor 1 Sahabat Anthony Ginting!

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 40 2642162 3-pelatih-bulu-tangkis-indonesia-yang-melatih-di-kanada-nomor-1-sahabat-anthony-ginting-ZpUIhuZKws.jpg 3 Pelatih Bulu Tangkis Indonesia yang Melatih di Kanada. (Foto: PBSI)

MONTREAL - Kualitas bulu tangkis Indonesia sudah terbukti hingga ke mancanegara. Tak heran jika sejumlah negara pun memilih pelatih yang merupakan mantan pemain Indonesia, termasuk Kanada.

Negara-negara di benua Amerika memang belum terlalu besar dalam hal bulu tangkis. Mereka pun berusaha untuk bangkit, dengan merekrut pemain dan pelatih berkualitas.

Termasuk salah satunya Kanada. Negara ini diketahui memiliki beberapa pelatih yang berasal dari Indonesia. Pelatihnya pun tadinya merupakan pemain yang meraih banyak gelar.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut pelatih asal Indonesia yang menangani Kanda:

3. Mario Santoso

Maria Santoso

Mario Santoso sempat diperbincangkan pada tahun lalu. Sebab, tangan dingin pelatih asal Indonesia itu membuat tunggal putra Kanada, Brian Yang, mengalahkan Jonatan Christie di ajang Piala Sudirman 2021.

Mario Santoso berkarier di luar negeri sebagai pelatih di Mandarin Badminton yang merupakan sebuah klub bulu tangkis di Kanada. Sebelum hijrah ke Kanada, Mario Santoso merupakan jebolan klub PB Djarum dan Mutiara Bandung.

Saat menjadi pemain di Kanada, prestasi terbaik Mario Santoso masuk semifinal di ajang Elite Yonex Canada Ontario pada 2011 dan 2012. Namun, kariernya sebagai pelatih, ia sukses mengorbitkan pemain di Kanada untuk bersaing di ajang Internasional.

2. Jeka Wiratama

Jeka Wiratama

Jeka Wiratama merupakan atlet bulutangkis jebolan PB Djarum yang pada Mei 2016 lalu memutuskan pinangan dari salah satu klub bulutangkis di Kanada, yakni KC Badminton Club.

Jeka juga sempat bermain di Kanada untuk beberapa saat. Dia memenangkan beberapa turnamen, seperti Bujak Open 2020, Bujak Open 2019 dan Chaopai Open 2019.

1. Ihsan Maulana Mustofa

Ihsan Maulana Mustofa

Ihsan adalah salah satu tunggal putra yang pernah menjadi andalan Indonesia. Nama Ihsan mulai mencuat bersamaan dengan Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Firman Abdul Kholik.

Mereka kerap terlihat bermain bersama pada beberapa tahun silam. Meski begitu, Ginting dan Jonatan yang kini masih rutin bermain di turnamen-turnamen elite dunia.

Ihsan sekarang menjadi pelatih di Ibu Kota Kanada, Montreal. Mantan peringkat 17 dunia itu diketahui sedang melatih salah satu klub bulu tangkis Kanada, yaitu CST Badminton Club.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini