Share

4 Pebulu Tangkis Aktif Berdarah Indonesia yang Kini Bela Negara Lain, Nomor 1 Tunggal Putra Peringkat 11 Dunia!

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Rabu 03 Agustus 2022 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 40 2641246 4-pebulu-tangkis-aktif-berdarah-indonesia-yang-kini-bela-negara-lain-nomor-1-tunggal-putra-peringkat-11-dunia-SLZpSWM8MZ.jpg Berikut 4 pebulu tangkis aktif berdarah Indonesia yang kini bela negara lain (Foto: BWF)

SEBANYAK 4 pebulu tangkis aktif berdarah Indonesia yang kini bela negara lain akan diulas dalam artikel ini. Menjadi seorang pebulu tangkis di Indonesia bukan merupakan hal mudah. Ya, persaingan ketat untuk membela Tanah Air di level internasional sangat ketat.

Sebab, Indonesia memang terkenal dengan olahraga bulu tangkisnya. Terlebih di level dunia, sejumlah pebulu tangkis mentereng sudah dikenal berasal dari dalam negeri. Akhirnya sejumlah warga negara Indonesia memutuskan untuk bersaing negeri orang demi mengikuti turnamen bulu tangkis.

Lantas, siapa saja pebulu tangkis yang pindah warga negara itu dan masih aktif sampai sekarang? Berikut 4 pebulu tangkis aktif berdarah Indonesia yang kini bela negara lain:

4. Setyana Mapasa (Australia)

Setyana Mapasa

Di urutan keempat ada Setyana Mapasa. Dara berusia 26 tahun ini sebenarnya asli Manado, Sulawesi Utara. Pada 2013 silam, ia memutuskan untuk pindah ke Australia. Dari situ ia mulai menekuni karier sebagai seorang pebulu tangkis.

Di negeri Kanguru, Setyana Mapasa bermain di nomor ganda putri. Ia berpasangan dengan Gronya Somerville. Kiprahnya pun cukup diperhitungkan. Sebab, Setayan Mapasa sudah menjajal berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 silam.

3. Ade Resky Dwicahyo (Azerbaijan)

Ade Resky

Tak jauh beda dari Setyana Mapasa, dari nama saja Ade Resky Dwicahyo sudah kental dengan Indonesia. Akan tetapi, ia tak berkesempatan membela tim bulu tangkis Indonesia. Salah satu faktor yang membuatnya pindah warga negara adalah karena persaingan ketat untuk jadi tim pemain utama di Indonesia.

Sebab demikian, Ade Resky Dwicahyo menerima proposal dari Azerbaijan pada 2017. Dari situ ia mengubah warga negaranya menjadi warga negara Azerbaijan. Di sana, ia turun di nomor tunggal putra. Saat ini ia diketahui berada di peringkat 83 dunia BWF.

2. Lianne Tan (Belgia)

Lianne Tan

Kemudian ada Lianne Tan, perempuan kelahiran Belgia, 20 November 1990. Ya, meski lahir di Belgia, dalam tubuhnya mengalir darah Indonesia. Itu merupakan keturunan dari sang ayah yang menikah dengan warga negara Belgia.

Singkat kisah, Lianne Tan pun menjadi warga negara Belgia sejak kecil. Di Belgia, ia turun di nomor tunggal putri. Prestasinya yang tak terlalu mentereng membuatnya menempati peringkat 36 dunia. Selain itu, ia pernah menjajal Olimpiade Tokyo 2020.

1. Angus Ng Ka Long (Hong Kong)

Angus Ng Ka Long

Di posisi pertama ada Angus Ng Ka Long. Ya, siapa sangka Pria kelahiran 24 Juni 1994 ini punya keturunan Indonesia dalam darahnya. Usut punya usut, keturunan darah Indonesia itu turun dari orang tua ibunya, yang merupakan warga Indonesia keturunan China.

Meski tak membela Indonesia, nama Angus Ng Ka Long cukup diperhitungkan di kancah bulu tangkis dunia. Bagaimana tidak, Angus Ng Ka Long kini menempati peringkat 11 dunia BWF dan pernah mewakili Hong Kong berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini