Share

FIBA Asia Cup 2022: Akui Kekuatan Timnas Basket Indonesia, Zhao Rui Pantang Anggap Remeh Tuan Rumah

Rio Eristiawan, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 36 2631587 fiba-asia-cup-2022-akui-kekuatan-timnas-basket-indonesia-zhao-rui-pantang-anggap-remeh-tuan-rumah-PuxfrNLvKd.jpeg Guard Timnas Basket China, Zhao Rui (kiri) pantang remehkan Timnas Basket Indononesia (Foto: FIBA Basketball)

SALAH satu pemain Timnas Basket China, Zhao Rui menyebutkan timnya tidak akan mudah meraih kemenangan lawan Timnas Basket Indonesia di playoff FIBA Asia Cup 2022. Sebab, tekanan dari pendukung tuan rumah jadi ujian utama para penggawa China di laga lawan Timnas Basket Indonesia.

Seperti diketahui, Timnas Basket Indonesia bakal bersua China di playoff FIBA Asia Cup 2022. Pertandingan itu tersaji di Istora Senayan, Jakarta pada Senin (18/7/2022) sore pukul 17.30 WIB.

Timnas basket Indonesia

Jelang laga krusial ini, guard Timnas China, Zhao Rui menilai timnya akan mendapatkan tekanan dari suporter Indonesia. Sebab demikian, ia tak mau meremehkan lawannya demi satu tiket menuju perempatfinal FIBA Asia Cup 2022.

Sekadar informasi, kepastian China melawan Timnas Basket Indonesia diraih setelah mereka menempati urutan kedua Grup B FIBA Asia Cup 2022. Itu didapat usai China menang 90-85 atas Taiwan di laga terakhir penyisihan Grup B FIBA Asia Cup 2022 pada Sabtu 16 Juli 2022.

Sedangkan menghadapi China menjadi laga hidup mati untuk Timnas Basket Indonesia. Sebab, seandainya skuad Merah Putih kalah, maka sekaligus memupus impian tampil di FIBA World Cup 2023. Sekadar diketahui, tim asuhan Milos Pejic harus bisa mencapai babak delapan besar FIBA Asia Cup 2022 atau perempatfinal guna tampil di FIBA World Cup 2022.

Sementara itu, Zhao Rui mengatakan dari tiga pertandingan yang sudah dimainkan, timnya berhasil menjukkan penampilan apik. Ia menjelaskan pemain yang sempat absen, sudah bisa kembali bermain. Hal itu menjadi keuntungan bagi China.

"Dibandingkan dua gim sebelumnya, permainan kami lebih baik karena banyak pemian yang sudah pulih dan bisa memperkuat tim," kata Zhao Rui kepada awak media.

Timnas basket Indonesia

Namun, pebasket 26 tahun itu menjelaskan timnaya akan mendapatkan kesulitan menghadapi tuan rumah di babak playoff perempatfinal FIBA Asia Cup 2022. Zhao Rui menyebut tekanan pendukung Timnas Basket Indonesia jadi tantangan tersendiri bagi timnya.

"Mereka (Timnas Basket Indonesia, red) bermain bagus, akan susah untuk melawan mereka. Ini tantangan untuk kami agar bermain lebih tenang dengan atmosfer seperti ini dan menjalankan strategi pelatih," ucapnya.

Sementara pertemuan terakhir Timnas Basket Indonesia vs China terjadi di perempatfinal Asian Games 2018. Ketika itu, skuad Merah Putih menelan kekalahan 63-98 dari China. Tentu di laga sore ini, Marques Bolden dkk diharapkan bisa meraih kemenangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini