Share

Hasil Wimbledon 2022: Rafael Nadal Mundur karena Cedera Perut, Simona Halep Gagal Tembus Final

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Jum'at 08 Juli 2022 05:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 40 2625722 hasil-wimbledon-2022-rafael-nadal-mundur-karena-cedera-perut-simona-halep-gagal-tembus-final-XCgvpAVUYE.jpg Rafael Nadal mundur di semifinal Wimbledon 2022 karena cedera. (Foto: Reuters)

LONDON – Pil pahit harus dialami dua petenis top dunia, Rafael Nadal dan Simona Halep, di babak semifinal Wimbledon 2022. Petenis putri asal Rumania, Simona Halep, gagal menembus babak final karena kalah dari wakil Kazakhstan, Elena Rybakina. Sementara Nadal, dia harus mengubur impian menembus babak final karena mengalami cedera perut.

Ya, kabar mengejutkan datang dari mantan petenis asal Spanyol, Rafael Nadal. Peraih 22 trofi Grand Slam itu memutuskan mundur dari semifinal Wimbledon 2022 karena menderita cedera perut.

Rafael Nadal

Seperti diketahui, Nadal memang mengalami cedera perut saat berhadapan dengan Taylor Fritz dari Amerika Serikat di babak perempatfinal pada Rabu 6 Juli 2022. Namun, dia tetap melanjutkan laga usai mendapat perawatan medis.

BACA JUGA: Cerita Novak Djokovic, Putranya yang Lebih Sering Tiru Pukulan Rafael Nadal ketimbang Dirinya

Nadal pun kemudian berhasil meraih kemenangan lewat pertarungan lima set. Lalu, usai diperiksa lebih lanjut, petenis berusia 36 tahun itu dilaporkan mengalami robek otot sebesar 7 mm di perutnya. Nadal pun mengonfirmasi kebenaran dari berita tersebut.

BACA JUGA: Hasil Wimbledon 2022: Tumbangkan Marie Bouzkova, Ons Jabeur Lolos Semifinal

Alhasil, juara terbanyak Grand Slam itu memutuskan untuk mundur dari partai semifinalnya melawan Nick Kyrgios dari Australia. Laga itu sedianya berlangsung pada Jumat (8/7/2022). Sebab menurutnya, jika memaksakan untuk tetap bertanding, cederanya akan semakin parah.

"Saya harus menarik diri dari turnamen. Seperti yang dilihat semua orang kemarin, saya menderita cedera perut, saya tahu ada yang tidak beres di sana seperti kemarin. Saya berkata dan ya, itu dikonfirmasi saya memiliki robekan di otot, di perut,” kata Nadal, dilansir dari Express, Jumat (7/8/2022).

"Saya memikirkan sepanjang hari tentang keputusan yang akan diambil, tetapi saya pikir itu tidak masuk akal untuk tetap bermain. Saya pikir sudah jelas jika saya terus melanjutkan bermain, maka cederanya akan semakin parah,” imbuhnya.

Dengan begitu, Kyrgios melangkah ke partai final Wimbledon untuk pertama kalinya dengan tanpa susah payah. Dia hanya tinggal menunggu calon lawannya, yakni Novak Djokovic dan wakil tuan rumah, Cameron Norrie.

Pil pahit juga harus ditelan Halep. Dia kalah dari Elena Rybakina dalam laga semifinal Wimbledon 2022 dengan skor 6-3 dan 6-3. Dengan hasil tersebut, Rybakina melangkah ke final Wimbledon 2022.

Mentas di All England Club, London, Kamis 7 Juli 2022 malam WIB, Rybakina tampil sangat perkasa pada awal pertandingan. Dia mendapatkan poin tanpa kesulitan dan langsung memimpin 3-0.

Simona Halep

Terus menekan, Rybakina benar-benar membuat Halep kerepotan dengan serangan bola-bola silangnya. Meski begitu, Halep masih sanggup meladeninya dan memangkas sedikit ketertinggalannya menjadi 2-4.

Setelah itu, pertandingan berjalan cukup sengit hingga skor terus menginjak angka 40-40 beberapa kali. Bahkan, Halep sukses menggagalkan match point yang didapat Rybakina untuk mendekat dnegan skor 3-5.

Sayangnya, pengejaran pemain yang kini duduk di rangking 18 dunia itu berakhir sia-sia. Pukulan terakhirnya keluar sehingga Rybakina mengamankan kemenangan set pertama dengan skor 6-3.

Pada awal set kedua, Rybakina masih bisa memegang kendali permainan. Dengan backhand apiknya, dia berkali-kali membuat Halep kocar-kacir. Dia pun langsung memimpin 2-0.

Akan tetapi, Halep tak menyerah begitu saja. Petenis berusia 27 tahun itu mampu keluar dari tekanan dan mengembangkan permainannya. Hasilnya, skor berubah menjadi imbang 2-2.

Namun, sangat disayangkan Halep membuat banyak kesalahan sendiri sesudah itu. Kendati di sisi lain, Rybakina juga tampil sangat gemilang dengan serangan-serangan yang efektif.

Alhasil, petenis berusia 23 tahun itu terus menjauh dari kejaran Halep. Dia pun kembali sukses meraih kemenangan pada gim kedua dengan skor 6-3.

Di partai puncak, Rybakina akan berjumpa dengan petenis ranking dua asal Tunisia, Ons Jabeur. Jabeur melenggang ke final usai menghajar wakil Jerman, Tatjana Maria, di semifinal dengan skor 6-2, 3-6 dan 6-1.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini