Share

6 Kejuaraan Bulu Tangkis Internasional, Nomor 1 Bukti Kejayaan Tim Tepok Bulu Indonesia

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 22:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 40 2610972 6-kejuaraan-bulu-tangkis-internasional-nomor-1-bukti-kejayaan-tim-tepok-bulu-indonesia-a2ij1hH8LS.jpg 6 kejuaraan bulu tangkis Internasional (Foto: BWF)

ADA 6 kejuaraan bulu tangkis internasional yang akan dibahas pada artikel ini. Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak penggemar dan juga peminat, tidak hanya di Indonesia saja, namun juga di seluruh dunia.

Indonesia sendiri memiliki atlet berprestasi besar di bidang olahraga ini. Hal itu dijbuktikan dengan banyaknya prestasi yang telah mereka dapatkan dari berbagai kejuaraan bulu tangkis internasional.

Mengenai kejuaraan, apakah Anda sudah tahu turnamen apa saja yang masuk dalam kejuaraan internasional? Nah, berikut ini ada 6 kejuaraan bulu tangkis internasional, yang dibahas di artikel ini:

6. Olimpiade

Olimpiade

BWF bekerjasama dengan IOC atau Komite Olimpiade Internasional membuat bulu tangkis masuk di dalam olahraga Olimpiade. Akhirnya, untuk pertama kali bulu tangkis dilaksanakan di ajang Olimpiade Barcelona 1992. Kala itu, pebulu tangkis Indonesia, Alan Budikusuma dan Susi Susanti mendapatkan medali emas pada kejuaraan ini.

5. Kejuaraan Dunia

Kejuaraan dunia BWF

Kejuaraan Dunia memiliki nama lain BWF World Championships. Kejuaraan Dunia ini pertama kali dilaksanakan pada 1977.

Awalnya, Kejuaraan Dunia BWF ini diselenggarakan tiap tiga tahun sekali. Namun, terhitung tahun 2006, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memutuskan untuk menjadikan ajang ini jadi event tahunan.

Partisipan yang ambil bagian di Kejuaraan Dunia BWF ini adalah negara yang terdaftar di BWF. China jadi negara terbanyak, yang berhasil menyabet gelar juara Kejuaraan Dunia BWF ini.

4. Kejuaraan Dunia Junior

Hampir sama dengan Kejuaraan Dunia BWF, Kejuaraan Dunia Junior ini merupakan salah satu ajang bergengsi di tingkat kelompok usia. Ya, ajang ini pertama kali dihelat pada 1992, di Jakarta, Indonesia.

Kejuaraan Dunia Junior sendiri merupakan pertandingan bulu tangkis untuk atlet muda di bawah usia 19 tahun. Sejumlah nama beken seperti tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, Melati Daeva Oktavianti, hingga ganda putra Indonesia, Leo Rolly/Daniel Marthin pernah mencicipi juara turnamen ini.

3. Piala Sudirman

Piala Sudirman

Berikutnya, ada Piala Sudirman atau Sudirman Cup. Turnamen ini merupakan kejuaraan bulu tangkis beregu, yang mempertandingkan semua nomor, mulai dari tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan ganda campuran.

Kejuaraan ini sudah ada sejak 1989. Sewaktu itu Indonesia pun ditunjuk sebagai tuan rumah edisi pertama. Kejuaraan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

Nama Sudirman Cup sendiri diambil dari nama pebulu tangkis asal Indonesia, yang bernama Dick Sudirman. Ia merupakan salah satu pendiri dari PBSI dan dikenal sebagai bapak bulu tangkis Indonesia.

2. Piala Uber

Piala Uber

Piala Uber atau Uber Cup merupakan kejuaranan bulu tangkis beregu putri internasional. Turnamen bergengsi ini sudah ada sejak tahun 1957. China merupakan negara terbanyak peraih gelar juara Piala Uber.

Mereka berhasil menyabet 15 kali titel juara. Kemudian, ada Jepang dengan enam gelar, serta Indonesia tiga gelar. Paling terbaru, Korea Selatan berhasil menyabet Piala Uber 2022. Keberhasilan itu jadi titel kedua dalam sejarah Piala Uber, bagi Korea Selatan.

1. Piala Thomas

Piala Thomas

Tak jauh berbeda dengan Piala Uber, Piala Thomas juga merupakan turnamen bulu tangkis beregu. Namun, khusus untuk putra saja.

Kompetisi ini sudah dimulai sejak tahun 1949. Di Piala Thomas ini merupakan rekam jejak nyata kehebatan bulu tangkis Indonesia. Bagaimana tidak, Indonesia tercatat jadi peraih gelar terbanyak denggan 14 kali juara Piala Thomas.

Kemudian, di bawah Indonesia ada China dengan 10 gelar. Lalu, ada Malaysia yang sudah meraih lima titel juara. Paling terbaru, India berhasil keluar jadi juara Piala Thomas 2022. Itu sekaligus memastikan gelar juara pertama Piala Thomas bagi India sepanjang sejarah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini