Share

Mengenal Setir di Mobil Formula E, Ada Tombol Attack Mode-nya

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 37 2602999 mengenal-setir-di-mobil-formula-e-ada-tombol-attack-mode-nya-JpYwU8cAjn.jpg Mobil Formula E. (Foto: Twitter/FIAFormulaE)

JAKARTA - Indonesia akhirnya akan menggelar ajang balap Formula E Jakarta 2022 pada Sabtu 4 Juni 2022 mendatang. Sebelum menyaksikan balapan mobil listrik itu, ada baiknya mengenal setir yang dipakai di kendaraan tersebut.

Seluruh mobil peserta Formula E memiliki spesifikasi yang nyaris sama. Terlepas dari sistem mesin listrik dari beberapa pabrikan, seluruh mobil menggunakan sasis Spark SRT05e dengan sistem elektronik dari McLaren.

Sistem elektronik tersebut kemudian dapat membantu para pembalap dalam berlomba. Mereka pun memaksimalkan berbagai sistem yang disematkan pada roda kemudi.

Mobil Formula E

Secara umum, roda kemudi mobil Formula E terlihat sederhana. Namun, terdapat beberapa tombol dan saklar yang sangat penting untuk mengatur setelan pada tiap mobil.

Salah satu fitur utama pada roda kemudi Formula E adalah sistem Multi-Switch. Tiga saklar di setir tersebut dapat difungsikan untuk mengatur beberapa strategi dan manajemen energi baterai.

Tak kalah penting tentunya adalah tombol radio. Seperti namanya, tombol ini digunakan untuk berkomunikasi dengan kru mekanik yang mengawasi sejumlah sensor dan memberikan informasi kepada pembalap.

Para pembalap sendiri bisa mengawasi sejumlah informasi melalui layar pada roda kemudi. Dengan layar tersebut, berbagai informasi, seperti tekanan ban, temperatur rem, kecepatan, tenaga mobil, kondisi serta kapasitas baterai dan konsumsi energi dapat terlihat.

Pada ajang Formula E, juga ada satu tombol yang dapat meningkatkan kecepatan dalam waktu yang singkat. Tombol tersebut adalah Attack Mode, tombol yang bisa memberikan kekuatan berlebih pada tenaga listrik mobil tersebut.

Sejak musim 2019-2020, tenaga yang diberikan ketika memencet tombol Attack Mode pun mencapai 235 kw. Menariknya, setiap pembalap Formula E tak bisa selalu memencet tombol Attack Mode karena ada peraturan yang membatasi.

Mobil Formula E

Pihak regulator membatasi pemakaian attack mode agar jalannya balapan semakin menarik. Jumlah berapa kali diperbolehkannya penggunaan attack mode pun baru akan diumumkan satu jam sebelum race, sehingga setiap tim baru merapatkan strategi penggunakan tombol tersebut sesaat balapan ingin berlangsung.

Pengumuman mengenai aturan attack mode sendiri terkait jumlah pemakaian dan durasinya. Lebih menariknya lagi, penggunaan attack mode itu tak bisa dilakukan sembarangan karena tombol tersebut baru bisa dipencet ketika melewati lintasan tertentu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini