Share

Makin Canggih, MotoGP Gunakan Teknologi Militer untuk Berkomunikasi Lewat Sistem Radio Tanpa WiFi

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2022 05:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 38 2599792 makin-canggih-motogp-gunakan-teknologi-militer-untuk-berkomunikasi-lewat-sistem-radio-tanpa-wifi-ZqXZfDSz3Z.jpg Para pembalap MotoGP. (Foto: MotoGP)

HAMAMATSU MotoGP terus berupaya memperbaiki diri untuk bisa meningkatkan kualitas dari ajang balap tersebut. Terbaru Tim Suzuki Ecstar memakai teknologi militer, yakni sistem radio yang tidak memerlukan WiFi atau frekuensi untuk bisa berkomunikasi.

Tim Suzuki memang akan meninggalkan kejuaraan MotoGP di akhir kejuaraan, namun bukan berarti mereka tak berbuat apa-apa hingga akhir musim.

Duo pembalap andalannya Joan Mir dan Alex Rins menunjukkan konsistensi selama balapan musim ini. Itu tak lepas dari teknologi canggih yang digunakan di dalam garasi berupa sistem radio yang berasal dari dunia militer.

Tim Suzuki Ecstar

"Sistem ini memiliki jangkauan yang sangat luas, ini adalah teknologi militer yang bekerja dengan baik bahkan dari jarak beberapa kilometer dan memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan sempurna," ucap teknisi komputer Suzuki, Claudio Rainato kepada Speedweek dikutip Motosan Rabu (25/5/2022).

Sistem ini sempurna untuk olahraga seperti MotoGP, di mana komunikasi harus dilakukan dengan sangat cepat. Teknologi ini sangat berguna jika terjadi perubahan cuaca yang tiba-tiba atau kecelakaan di kualifikasi.

“Seorang anggota tim yang berkomunikasi dengan kami dapat menghemat detik atau bahkan menit penting. Kami tahu dengan sangat cepat jika ada kecelakaan, masalah teknis, atau jika hujan mulai turun,” lanjut Rainato.

“Komunikasi dapat membawa kita untuk mengambil giliran pada waktu yang tepat dan menjadi penentu menang atau kalah,” tandasnya.

Lebih lanjut sistem kerja teknologi ini hanya menghubungkan komunikasi antara pembalap, mekanik, teknisi dan kru tim. Jadi, sistem ini tidak berlaku untuk interaksi sesama pembalap.

Alex Rins

“Tentu saja bagian Joan tidak bisa mendengar bagian Alex dan sebaliknya. Manajer tim dan pemimpin proyek memiliki kemampuan untuk mendengarkan di mana saja,” lanjutnya.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini