Share

Suzuki Ecstar Cabut dari MotoGP, FIM: Sudah Ada Tim yang Siap Gantikan

Rio Eristiawan, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 38 2598988 suzuki-ecstar-cabut-dari-motogp-fim-sudah-ada-tim-yang-siap-gantikan-JuPeXJ2hRx.jpg Dua pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins. (Foto: MotoGP)

MIES - Suzuki Ecstar berniat untuk pergi dari ajang balap MotoGP. Mendengar hal itu, Presiden Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM), Jorge Viegas pun memastikan bahwa slot yang ditinggalkan Suzuki bakal diisi tim lain yang sampai sejauh ini masih dirahasiakan oleh mereka dan Dorna Sports.

Sebagaimana diketahui, Suzuki telah mengumumkan berniat meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2022. Keputusan tersebut tidak lepas dari permasalahan ekonomi sejak pandemi Covid-19.

Viegas sendiri kesal dengan keputusan yang diambil Suzuki itu. Menurutnya pabrikan asal Jepang itu seharusnya berbicara kepada Dorna dan FIM sebelum memutuskan pergi dari MotoGP.

Tim Suzuki sedang memanaskan motor sebelum tes pramusim di Sirkuit Mandalika (Quadiliba Al Farabi/MPi)

"Menurut pendapat saya, mereka (Suzuki) seharusnya berbicara dengan Dorna terlebih dahulu dan dengan FIM hanya itu kritik yang bisa saya lakukan," kata Viegas dilansir dari Paddock GP, Selasa (24/5/2022).

Viegas mengatakan telah memahami kesulitan ekonomi akibat Covid-19 dan membuat Suzuki memilih untuk mundur dari MotoGP. Namun ia cukup kecewa dengan keputusan tersebut, karena untuk kedua kalinya Suzuki mundur.

"Pada saat yang sama saya memahami semua kesulitan ekonomi yang timbul akibat Covid-19. Mengingat bahwa ini adalah perpisahan kedua mereka," ucapnya.

Lebih lanjut, Vierga mengatakan sudah ada tim yang siap untuk mengambil alih posisi Suzuki. Ia menjelaskan Dorna dan FIM sedang mendiskusikan hal tersebut, tetapi belum bisa membocorkan nama tim pengganti Suzuki.

"Hal yang dapat saya katakan adalah bahwa ada perusahaan yang siap untuk mengambil alih posisi Suzuki. Sudah ada diskusi dengan Dorna mengenai hal ini, tapi saya tidak bisa berkata apa-apa lagi karena untuk saat ini pihak penyelenggara sedang mengatur situasi," ucapnya.

Joan Mir

Menurut rumor yang beredar, Leopard Racing menjadi kandidat utama untuk menggantikan Suzuki di ajang MotoGP. Selain itu, Kawasaki dan GasGas juga dikabarkan ikut menjadi salah satu kandidat.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini