Share

Bikin Bangga, Kejuaraan Selancar Dunia Bakal digelar di Banyuwangi

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 43 2599051 bikin-bangga-kejuaraan-selancar-dunia-bakal-digelar-di-banyuwangi-kYr4IE12IP.jpg Pantai Plengkung di Banyuwangi menjadi salah satu lokasi perlombaan World Surf League Championship Tour 2022. (Foto: Instagram/indo.eye)

BANYUWANGI - Pantai G-land atau Pantai Plengkung di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi bakal menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga selancar internasional. Kejuaraan yang bertajuk World Surf League (WSL) Championship Tour ini akan diadakan mulai 28 Mei hingga 6 Juni 2022 mendatang.

Kejuaraan selancar bertaraf internasional, World Surf League (WSL) Championship Tour 2022 akan menggelar salah satu perlombaannya di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Tepatnya Pantai Plengkung atau G-land akan menggelar perlombaan selancar tesebut pada 28 Mei-6 Juni 2022.

Seperti yang diketahui WSL Championship Tour 2022 digelar di sejumlah pantai terpilih dimulai sejak Januari 2022 dan bakal berakhir Agustus 2022. Beberapa pantai yang terpilih berada di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti.

Pantai Plengkung (Instagram/indo.eye)

Mengetahui hal itu, Kepala Balai Taman Nasional Alas Purwo, Nuryadi mengungkapkan, tak hanya atlet profesional saja yang bakal berpartisipasi dalam kegiatan kejuaraan selancar pertama kali di Jawa Timur sejak era pandemi Covid-19. Tetapi para warga yang mempunyai hobi berselancar juga ikut meramaikan kejuaraan yang diikuti sejumlah atlet dari berbagai negara.

"Para penghobi olahraga selancar dari berbagai negara juga akan meramaikan G-Land," kata Nuryadi, melalui keterangan tertulisnya yang diterima MNC Portal, Selasa (24/5/2022).

Selama ini diakui Nuryadi, Pantai G-land menjadi salah satu objek berselancar favorit para atlet hingga mereka yang memiliki hobi berselancar. Terlebih ketika ajang olahraga selancar internasional bakal digelar di pantai yang berada di Taman Nasional (TN) Alas Purwo menjadikan banyak yang penasaran akan lokasinya.

Dari sekian atlet peselancar, Gabriela Bryan (20 tahun) merupakan salah satu atlet selancar asal Hawai yang telah tiba di G-Land. Berdasarkan pengamatannya, ombak di G-Land luar biasa sehingga sangat menyenangkan. Terlebih dia bisa menyaksikan kehidupan alam liar juga di tengah hutan.

"Pantainya sangat indah, apalagi dapat melihat kehidupan alam liar di tengah hutan ini sensasinya berbeda, benar-benar menakjubkan," ungkap Bryan.

Sebagai informasi, Pantai Plengkung atau Pantai G-land merupakan salah satu pantai favorit melakukan olahraga berselancar di dunia. Land memiliki ketinggian ombak sekitar 6 hingga 8 meter dan panjang dua kilometer (km). Pantai ini diklaim menjadi destinasi impian para peselancar di seluruh dunia.

Pantai Plengkung (Instagram/indo.eye)

Pasalnya, ombak G-Land termasuk kategori salah satu terbaik di dunia. Belum lagi di G-Land juga seringkali dapat membentuk tabung air yang hampir sempurna. Foto aksi peselancar di dalamnya kerap viral di berbagai belahan dunia.

Apalagi kawasan G-Land telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO-PBB dan Geopark nasional. Saat ini tempat tersebut juga dalam pengajuan sebagai bagian dari jaringan geopark dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG). Tidak hanya G-Land, pengajuan ini dilakukan bersama Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini