Share

Mau Jadi Atlet Selancar Profesional? Pria Ini Berlatih sejak Umur 4 Tahun

MNC Media, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 43 2534973 mau-jadi-atlet-selancar-profesional-pria-ini-berlatih-sejak-umur-4-tahun-XvchVtbAs7.jpeg Atlet selancar, Mustofa Jeksen. (Foto: MNC Media)

JAKARTA - Cabang olahraga (cabor) selancar melakukan debutnya di Olimpiade pada tahun 2016 di Rio de Janeiro (Brasil). Salah satu alasannya ialah agar membuat Olimpiade lebih disukai oleh anak muda. Legenda peselancar dunia, Duke Kahanamoku sendiri telah merekomendasikan cabang olahraga ini untuk dipertandingkan di Olimpiade sejak tahun 1920 lalu, namun akhirnya baru bisa terwujud di 2016.

Lalu bagaimana perkembangan olahraga selancar ini di Indonesia? Dochi lewat podcastnya yang bernama Kata Dochi berkesempatan untuk berbincang bersama Mustofa Jeksen, atlet selancar profesional yang sekarang bergabung dalam tim pelatih timnas selancar Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024.

Dalam ceritanya di podcast tersebut, pria berumur 32 tahun ini menceritakan bahwa dalam beberapa tahun ke belakang, minat warga lokal untuk menekuni selancar dan menjadi atlet semakin tinggi.

Baca Juga: Terhenti di 16 Besar Olimpiade Tokyo 2020, Peselancar Rio Waida Sebut Kondisi Laut Tak Mendukung

Atlet selancar, Mustofa Jeksen (MNC Media)

Saat ditanya bagaimana keseriusan pemerintah terhadap olahraga ini, Mustofa menjawab “PSOI sebagai organisasi yang menaungi olahraga ini memang tengah terus mencari bibit muda, terlebih pada Olimpiade Tokyo lalu Rio Waida menjadi perwakilan Indonesia”.

Kemudian bagaimana caranya jika ingin menjadi atlet selancar profesional? Mustofa menjelaskan untuk sedini mungkin berlatih.

“Saya belajar surfing kira-kira dari umur empat tahun, saat itu karena ikut-ikutan kakak saya," kata Mustofa.

“Jadi, kalau mau serius dan fokus jadi atlet, maksimal 14 tahun lah, karena tidak mudah mengajarkan seorang atlet untuk bisa connect dengan alam, mengingat olahraga surfing ini kita harus bisa membaca situasi alam, karena memang medianya ombak,” tambah bli Mustofa.

Juara Oakley Pro pada tahun 2012 itu juga menjelaskan, “Tantangan seorang atlet surfing itu tidak hanya menguasai banyak skill, tetapi juga harus tau di mana posisi ombak pecah. Jadi sangat penting berlatih sedini mungkin jika ingin menjadi atlet profesional”.

Di Podcast Kata Dochi ini, Mustofa Jeksen juga menjelaskan ceritanya tentang pantai-pantai yang pernah ia kunjungi untuk berselancar yang selengkapnya bisa pembaca dengarkan di AUDIO+ bagian dari RCTI+.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini