Share

Suzuki Ecstar Ingin Tinggalkan MotoGP, Legenda: Bukan Kabar Mengejutkan

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Minggu 22 Mei 2022 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 38 2598194 suzuki-ecstar-ingin-tinggalkan-motogp-legenda-bukan-kabar-mengejutkan-W3U8Vnkaan.jpg Suzuki Ecstar dikabarkan ingin hengkang dari MotoGP. (Foto: Instagram/@suzukimotogp)

HOUSTON – Kabar Suzuki Ecstar yang ingin meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2022 terus jadi sorotan. Legenda MotoGP, Kevin Schwantz, pun turut angkat bicara dengan menyatakan bahwa kabar ini bukanlah sebuah hal yang mengejutkan.

Sebagaimana diketahui, Suzuki telah menyatakan niat mereka untuk hengkang dari paddock MotoGP begitu musim 2022 berakhir. Tim yang dihuni Joan Mir dan Alex Rins itu mengatakan bahwa faktor ekonomi menjadi alasa utama cabut dari kelas utama.

Joan Mir

Tentu saja, keputusan tersebut sangat disayangkan oleh banyak pihak. Pasalnya, Suzuki Ecstar sedang menjalani masa-masa indah di MotoGP setelah mengantongi gelar juara dunia 2020 bersama Mir. Bahkan, pada musim ini, tim pabrikan Hammamatsu tampil sangat konsisten.

BACA JUGA: Suzuki Ecstar Mundur dari MotoGP, Jack Miller Prihatin pada Nasib Joan Mir dan Alex Rins

Akan tetapi, Schwantz menyatakan tak terkejut mendengar kabar hengkangnya Suzuki dari MotoGP. Sebab menurutnya, mereka memang telah mengalami masa-masa sulit dari segi ekonomi karena produknya kurang laku di pasaran secara global.

BACA JUGA: Suzuki Ecstar Hengkang dari MotoGP, Joan Mir Buka Negosiasi dengan Honda

“Saya tidak terlalu terkejut karena Suzuki memiliki masalah dalam beberapa tahun terakhir dalam menjual motor dan produk baru. Saya ingin mengatakan bahwa saya terkejut, tetapi tidak seperti itu,” kata Schwantz, dilansir dari Motosan, Minggu (22/5/2022).

“Ketika Anda melihat motor, pembalap, semua personel tim, sepertinya semuanya sudah siap, Anda dapat berpikir bahwa mereka melakukan yang maksimal untuk terus bersaing, tetapi secara ekonomi itu adalah mimpi yang besar. MotoGP membutuhkan usaha yang besar, dan berada di dalamnya tidak murah, saya jamin,” imbuhnya.

Lebih lanjut, juara dunia 1993 itu berpendapat Suzuki mungkin bisa mengubah keputusan tersebut jika mendapat dana segar dari sponsor. Akan tetapi, menurutnya, peluang itu sangatlah kecil karena mereka tampak sudah berpikir matang-matang untuk memutuskannya.

Joan Mir

"Mungkin Suzuki akan berubah pikiran jika sponsor besar datang dan berkata, 'Hei, kami punya uang, mengapa Anda tidak bertahan di MotoGP?' Saya pikir beberapa dolar bisa mengubah pikiran Suzuki,” jelas legenda asal Amerika Serikat itu.

“Tapi, saya pikir itu akan sulit, tidak akan mudah bagi mereka untuk berubah pikiran, karena begitu mereka telah membuat keputusan dan mereka telah mengomunikasikannya kepada tim, saya pikir mereka yakin dengan apa yang akan mereka lakukan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini