Share

Hasil F1 GP Spanyol 2022: Max Verstappen Menang, Charles Leclerc Gagal Finis

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Minggu 22 Mei 2022 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 37 2598434 hasil-f1-gp-spanyol-2022-max-verstappen-menang-charles-leclerc-gagal-finis-v6InLUdMgU.JPG Pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen. (Foto: Reuters)

BARCELONA – Hasil balapan Formula One (F1) GP Spanyol 2022 sudah diketahui, di mana pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen dipastikan menjadi pemenang di Sirkuit Catalunya pada Minggu (22/5/2022) malam WIB. Kemenangan Verstappen pun bisa dikatakan sedikit dibantu faktor keberuntungan lantaran Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) yang sejak awal memimpin justru gagal finis karena ada masalah pada mobilnya.

Charles Leclerc memulai jalannya balapan dengan baik. Pembalap Monaco tersebut mampu mempertahankan posisinya dari rivalnya, Max Verstappen, yang mencoba menyalipnya di tikungan pertama.

Nasib kurang baik harus didapatkan Lewis Hamilton di lap pertama. Pembalap asal Inggris itu bersenggolan dengan Kevin Magnussen yang membuatnya harus keluar dari posisi sepuluh besar.

Charles Leclerc

Carlos Sainz yang memulai balapan dari urutan ketiga harus turun ke posisi ke-11 setelah melebar cukup dalam ke gravel di tikungan keempat. Tak berselang lama, Verstappen mengalami hal serupa yang membuatnya turun ke posisi empat.

Hal tersebut membuat posisi Leclerc yang memimpin jalannya balapan menjadi semakin tidak terbendung. Tanpa kendala berarti, Leclerc mampu unggul cukup jauh dari para rival yang berada di belakangnya.

Verstappen kambali harus mengalami masalah pada mobilnya setelah DRS miliknya tidak bisa aktif. Hal tersebut membuat driver Belanda tersebut kesulitan untuk misa membalap George Russell yang berada di depannya.

Persaingan sengit terjadi antara Russell dan Verstappen yang memperebutkan posisi kedua. Meski terus tertekan, Russell mampu mempertahankan posisinya dari kejaran Red Bull yang terus mengejarnya.

Pada lap ke-27, Leclerc harus kehilangan power pada mobil F1-75 miliknya. Pemimpin klasemen kejuaraan dunia tersebut pun terpaksa keluar lebih dulu, sehingga Russell kini memimpin jalannya balapan, disusul Verstappen, dan Sergio Perez.

Tak lama kemudian, Verstappen masuk ke dalam pit yang membuat Perez kini di posisi kedua. Tak membutuhkan waktu lama, Perez pun mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan merebut posisi pertama dari Russell.

Beberapa lap kemudian, Red Bull membuktikan bahwa strateginya berhasil. Verstappen sukses menyalip Russell sehingga dua pembalap Red Bull kini berada di posisi 1-2.

Max Verstappen

Beberapa perubahan terjadi setelah setiap tim menginstruksikan pembalapnya untuk masuk ke dalam pit. Max Verstappen pun menjadi yang terdepan, disusul oleh Sergio Perez, George Russell, Carlos Sainz, dan Lewis Hamilton.

Hasil Lengkap F1 GP Spanyol 2022:

1 Max Verstappen NED Oracle Red Bull Racing 66 Laps

2 Sergio Perez MEX Oracle Bull Racing + 13.072s

3 George Russell GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 32.927s

4 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari + 45.208s

5 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 54.534s

6 Valtteri Bottas FIN Alfa Romeo F1 Team Orlen + 59.976s

7 Esteban Ocon FRA BWT Alpine F1 Team + 75.397s

8 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 83.235s

9 Fernando Alonso ESP BWT Alpine F1 Team + 1 Lap

10 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri + 1 Lap

11 Sebastian Vettel GER Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team + 1 Lap

12 Daniel Ricciardo AUS McLaren F1 Team + 1 Lap

13 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri + 1 Lap

14 Mick Schumacher GER Haas F1 Team + 1 Lap

15 Lance Stroll CAN Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team + 1 Lap

16 Nicholas Latifi CAN Williams Racing + 1 Lap

17 Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team + 2 Laps

18 Alexander Albon THA Williams Racing + 2 Laps

Guanyu Zhou CHN Alfa Romeo F1 Team Orlen DNF

Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari DNF

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini