Share

Lee Zii Jia Cs Makin Beringas, Legenda Bulu Tangkis Malaysia Yakin Indonesia Takkan Juara Piala Thomas 2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 05 Mei 2022 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 40 2589567 lee-zee-jia-cs-makin-beringas-legenda-bulu-tangkis-malaysia-yakin-indonesia-takkan-juara-piala-thomas-2022-u3zj5nUIcP.JPG Lee Zii Jia salah satu tunggal putra terkuat Malaysia saat ini. (Foto: PP PBSI)

KUALA LUMPUR – Legenda bulu tangkis Malaysia, Razif Sidek memprediksi Piala Thomas 2022 takkan jatuh ke tangan Indonesia lagi. Ia menilai pada edisi 2022 ini Piala Thomas akan menjadi milik Malaysia lantaran ia merasa Lee Zii Jia dan kawan-kawan semakin membaik.

Terbukti dengan berhasilnya Malaysia membawa raihan positif di Badminton Asia Championship 2022, yang mana bergulur pekan lalu di Manila, Filipina.

Pada kompetisi yang setara dengan turnamen BWF Super 1000 itu, Negeri Jiran mengantongi satu medali emas dari Lee Zii Jia di sektor tunggal putra. Lalu, di sektor ganda putra, Aaron Chia/Son Wooi Yik, meraih medali perak dan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin menyabet perunggu.

Lee Zii Jia

Razif pun memuji pencapaian apik yang ditorehkan oleh para pemain andalan Malaysia tersebut. Karena itu, legenda yang membantu negaranya juara Piala Thomas 1992 itu pun berharap Lee Zii Jia dan kolega bisa mengulangi penampilan gemilang mereka di Piala Thomas 2022.

"Pujian kepada Zii Jia, Aaron/Wooi Yik dan Sze Fei/Izzuddin karena mendapat podium. Mereka baru saja membuktikan bahwa mereka adalah salah satu pemain terbaik di benua ini, dan itu adalah pencapaian besar,” kata Razif dilansir dari New Strait Times, Kamis (5/5/2022).

"Mudah-mudahan, mereka bisa membawa momentum yang sama ke Piala Thomas. Saya yakin hasil ini akan memberikan kepercayaan diri pada mereka selama kompetisi,” imbuhnya.

"Kompetisi beregu menimbulkan tantangan dan suasana yang sama sekali berbeda. Tim benar-benar harus bersatu untuk memenangkan Piala Thomas,” tuturnya.

Pada Piala Thomas 2022 nanti, Negeri Jiran sudah pasti akan mengandalkan Lee Zii Jia di sektor tunggal putra. Lalu di nomor ganda putra, selain Chia/Soh dan Goh/Izzuddin, mereka juga mengutus pasangan independen peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2021, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Menurut Razif, pada turnamen bulutangkis beregu pria paling bergengsi di dunia itu hanya Indonesia yang memiliki kekuatan merata di semua sektor, khususnya di ganda putra. Namun, dia yakin Malaysia bisa mendulang poin atas Indonesia jika bertemu nanti, tetapi itu bisa terwujud jika timnya bisa menang di nomor ganda putra.

Sebagai informasi, Tim Merah-Putih membawa juara Swiss Open 2022, Fajar/Rian, pasangan ranking dua dunia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan juara All England 2022, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Lalu, Pemain ganda putra nomor satu, Kevin Sanjaya Sukamuljo, juga diikutkan meski partnernya, Marcus Fernaldi Gideon, absen karena masih dalam masa pemulihan cedera.

Follow Berita Okezone di Google News

"Tidak banyak tim yang memiliki tiga pasangan kuat, selain Indonesia. Kami pasti bisa mengandalkan kekuatan ganda putra kami kali ini," jelas Razif.

"Jika kami ingin melakukannya dengan baik di Piala Thomas, kami harus mendapatkan dua poin dari ganda," tambahnya.

Akan tetapi, Malaysia tidak akan dengan mudah mengalahkan para jagoan Indonesia tersebut. Sebab, mereka punya rekor yang tak terlalu bagus melawan pasukan Garuda.

Aaron/Wooi Yik, baru saja kalah dari Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan pada final Kejuaraan Bulutangkis Asia 2022 kemarin. Sementara Ong/Teo, tumbang sebanyak lima kali oleh pasangan Indonesia dalam enam turnamen terakhir yang mereka ikuti.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik

Kendati demikian, Razif percaya Rexy Mainaky, yang menjabat sebaga Direktur Kepelatihan Ganda Malaysia, untuk mengevaluasi penampilan para pemainnya tersebut. Dia yakin pria asli Indonesia itu bisa membantu timnya tampil lebih baik lagi di Piala Thomas 2022.

"Aaron/Wooi Yik tidak seburuk itu. Mereka hanya tidak percaya telah menyia-nyiakan gim kesatu, yaitu membuat mereka kalah dan tidak bisa bangkit," ujar Razif.

"Ini bisa diperbaiki. Rexy Mainaky memiliki pengalaman untuk membantu mereka bangkit kembali untuk Piala Thomas," pungkasnya.

Malaysia pun takkan langsung bertemu Indonesia di babak penyisihan Grup Piala Thomas 2022. Sebab Malaysia tergabung dalam Grup D bersama Jepang, Inggris dan Amerika Serikat. Sementara Indonesia di Grup A bersama Korea Selatan, Thailand, dan Singapura.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini