Share

Penyebab Suzuki Ecstar Dikabarkan Tinggalkan MotoGP Akhir 2022, Joan Mir dan Alex Rins Bakal Nganggur?

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Selasa 03 Mei 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 38 2588641 penyebab-suzuki-ecstar-dikabarkan-tinggalkan-motogp-akhir-2022-joan-mir-dan-alex-rins-bakal-nganggur-fwqcOqLLE1.jpg Berikut penyebab Suzuki Ecstar ingin tinggalkan MotoGP pada akhir 2022. (Foto: Twitter/@suzukimotogp)

PENYEBAB Suzuki Ecstar dikabarkan tinggalkan MotoGP pada akhir 2022 akan dibahas dalam artikel ini. Kabar Suzuki meninggalkan MotoGP di pengujung musim ini praktis menyita perhatian pencinta ajang motorsport.

Sebab, sebelumnya Suzuki telah menandatangani kontrak komitmen berada di MotoGP. Suzuki sendiri kembali bergabung di MotoGP pada tujuh tahun lalu, pada 2015 lalu. Mereka pun berhasil mengamankan titel juara dunia pembalap dan tim MotoGP 2020.

Joan Mir

(Joan Mir juara MotoGP 2020 bersama Suzuki)

Hingga saat ini, belum ada yang mengetahui alasan yang jelas mengenai mundurnya Suzuki. Apalagi belum ada pengumuman resmi dari pabrikan asal Hamamatsu, Jepang tersebut.

Namun, seperti dikabarkan Motomatters, Selasa (3/5/2022), alasan finansial dikabarkan menjadi alasan Suzuki ingin mundur. Keadaan ekonomi yang buruk membuat mereka harus mengundurkan diri.

Kondisi finansial Suzuki memang sedikit memburuk sejak pandemi menghantam. Belum lagi perekonomian global juga terpengaruh invasi Rusia kepada Ukraina, dan Suzuki menderita kerugian.

Jika hal tersebut, benar, maka Suzuki akan kembali mundur dengan alasan sama untuk kedua kali. Sebelumnya, pabrikan asal Hamamatsu tersebut sempat angkat kaki dari kasta teratas balap motor roda dua pada 2011 silam.

Ketika itu, Suzuki juga memutuskan mundur dari MotoGP karena resesi ekonomi global. Namun, pada akhirnya mereka kembali pada 2015. Sayang, tampaknya hal itu akan kembali terulang.

Alex Rins

(Alex Rins salah satu calon kuat juara MotoGP 2022)

Lantas, bagaimana dengan nasib dua pembalap mereka yakni Alex Rins dan Joan Mir? Kebetulan kontrak keduanya bersama Suzuki Ecstar berakhir pada akhir 2022.

Alex Rins dan Joan Mir bisa hengkang ke sejumlah tim pabrikan yang deretan pembalapnya habis kontrak. Sebut saja Monster Energy Yamaha, Repsol Honda hingga Ducati Lenovo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini