Share

5 Fakta Race MotoGP Spanyol 2022, Nomor 1 Berhubungan dengan Marc Marquez

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Senin 02 Mei 2022 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 02 38 2588389 5-fakta-race-motogp-spanyol-2022-nomor-1-berhubungan-dengan-marc-marquez-vo328oFM1F.jpg 5 fakta race MotoGP Spanyol 2022 (Foto: MotoGP)

ADA 5 fakta race MotoGP Spanyol 2022 yang menarik untuk diulas pada artikel ini. Ya, sebagaimana diketahui, balapan MotoGP Spanyol 2022 telah berakhir pada Minggu, 1 Mei 2022 malam WIB.

Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia berhasil keluar sebagai juara di Sirkuit Jerez, Spanyol. Kemudian, di urutan kedua ditempati oleh Fabio Quartararo. Sementara, di posisi ketiga ada pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro.

Diketahuinya hasil balapan MotoGP Spanyol 2022 itu membuat sejumlah fakta baru yang menarik. Lantas apa saja faktanya? Berikut 5 fakta race MotoGP Spanyol 2022:

5. Fabio Quartararo Aman di Puncak Klasemen

Fabio Quartararo

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo memang gagal juara di Sirkuit Jerez. Ia harus puas menduduki peringkat kedua.

Akan tetapi, pria berdarah Prancis ini tetap aman di puncak klasemen MotoGP 2022. Sampai enam seri yang terhelat, Fabio Quartararo tengah menapaki puncak klasemen dengan mengoleksi 89 poin berkat satu juara dan tiga podium.

Tepat di bawah Fabio Quartararo, ada Aleix Espargaro yang membuntuti. Pria asal Spanyol itu telah mengoleksi 82 poin. Pembalap Aprilia Racing itu telah mencicpi satu kali juara dan tiga podium di musim ini.

4. Rekor Baru Aleix Espargaro

Aleix Espargaro

Nama Aleix Espargaro tengah banyak diperbincangkan oleh publik MotoGP. Sebab, performa pembalap 32 tahun itu sangat moncer di enam seri awal MotoGP 2022.

Ia pun mencatatkan sejumlah rekor sampai saat ini. Salah satu di antaranya ia berhasil menapaki dua kali podium secara beruntun. Sebelum di Spanyol, ia sukses finis ketiga di MotoGP Portugal 2022.

Torehan itu jadi rekor baru bagi dirinya pribadi. Selain itu, Aleix Espargaro juga berhasil mencatatkan rekor sebagai pembalap Aprilia Racing terbaik sampai enam seri awal.

Sebab, ia sudah mengumpulkan 82 poin sampai saat ini dan berada di urutan kedua klasemen sementara. Aleix merupakan pembalap pertama sepanjang sejarah tim Aprilia yang bisa meraih posisi kedua.

3. Ducati Pertahankan Gelar

Ducati Lenovo

Kemenangan Francesco Bagnaia jadi torehan sejarah baru bagi Ducati. Pasalnya, tim asal Italia itu berhasil mempertahankan gelar juara dua musim beruntun. Sebelum MotoGP Spanyol 2022, Jack Miller, pembalap Ducati Lenovo berhasil jadi juara pada musim 2021.

Di samping itu, kemenangan Ducati ini jadi catatan rekor lainnya. Ducati berhasil pertahankan gelar untuk pertama kalinya, setelah selama 14 tahun dikuasai Yamaha dan Honda.

2. Francesco Bagnaia Cetak Sejarah

Fransesco Bagnaia

Keberhasilan Francesco Bagnaia jadi juara membuat catatan sejarah baru baginya. Ya, pembalap asal Italia itu untuk pertama kalinya berhasil jadi juara di kelas MotoGP.

Bahkan, sebelum race dimulai, ia sudah mencatatkan sejarah lainnya. Di sesi kualifikasi, Francesco Bagnaia mencatatkan waktu putaran tercepat Sirkuit Jerez, dengan catatan 1 menit 36,170 detik.

Uniknya ia memecahkan rekor yang sejatinya baru saja dibuat Fabio Quartararo beberapa menit sebelumnya. Saat itu, juara MotoGP 2021 itu mencatatkan 1 menit 36,790 detik. Selain itu, Francesco Bagnaia berhasil mempertahankan pole position yang ia dapat di sesi kualifikasi.

1. Marc Marquez Gagal Podium Tiga Musim Beruntun

Marc Marquez

Di urutan pertama ada kegagalan Marc Marquez. Ya, pembalap asal Spanyol itu gagal meraih podium tiga musim beruntun (2020, 2021, dan 2022) di Sirkuit Jerez.

Menariknya, kegagalan tiga musim beruntun ini ia dapat setelah Marc Marquez berhasil jadi juara MotoGP Spanyol pada 2019 silam. Sejak saat itu, ia harus puas keluar dari podium. Bahkan, di MotoGP Spanyol 2020, ia gagal finis usai kecelakaan.

Sementara di MotoGP Spanyol 2021, ia harus puas finis di urutan kesembilan. Sedangkan di tahun ini, Marc Marquez finis di urutan keempat. 

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.
https://vipl.us/s53nk
Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.
1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini