Share

Fabio Quartararo Terseok-seok di Awal Musim MotoGP 2022, Andrea Dovizioso Bongkar Penyebab

Tino Satrio, Jurnalis · Minggu 17 April 2022 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 17 38 2580459 fabio-quartararo-terseok-seok-di-awal-musim-motogp-2022-andrea-dovizioso-bongkar-penyebab-6Z8Nzijp3N.jpg Fabio Quartararo bersiap mentas di MotoGP. (Foto: Instagram/@fabioquartararo20)

LESMO – Pembalap Yamaha RNF, Andrea Dovizioso, mengomentari penampilan Fabio Quartararo bersama tim pabrikan Yamaha di MotoGP 2022. Melihat Quartararo belum tampil ciamik, Dovizioso pun membeberkan penyebabnya.

Ya, MotoGP 2022 telah berjalan empat seri. Ada GP Qatar, Indonesia, Argentina, dan Amerika. El Diablo -julukan Quartararo- pun baru meraih sebiji podium usai finis kedua saat melintasi Sirkuit Mandalika, pada 20 Maret 2022.

Fabio Quartararo

Dovizioso pun tahu betul mengapa pembalap asal Prancis itu gagal bersaing pada musim ini. Mengingat, pembalap veteran ini menunggangi motor yang sama dengan Quartararo, yakni YZR-M1.

Mesin pada YZR-M1 memiliki penuh kekurangan, terutama performanya. Sulit untuk menjadi yang tercepat di setiap grand prix dengan YZR-M1. Pasalnya, para pembalap harus balapan sesuai dengan karakteristik motor tersebut, bukan gaya balapannya sendiri.

BACA JUGA: Usai Konflik dengan Yamaha, Maverick Vinales Sebut Dirinya Banyak Berubah

"Ada dua sisi cerita. Salah satunya adalah seberapa kompetitif Yamaha. Itu adalah area yang dikeluhkan Fabio," kata Dovizioso, dikutip dari Motorsport-Total, Minggu (17/4/2022).

"Itu menyangkut kurangnya performa mesin. Cerita lainnya adalah bagaimana bersaing dengan karakteristik Yamaha saat ini," sambungnya.

BACA JUGA: 4 Kisah Manis Dani Pedrosa di MotoGP, Nomor 1 Momen yang Takkan Dilupakan The Little Spaniard

Di sisi lain, cengkraman ban YZR-M1 menjadi yang terburuk dari mesinnya. Tak seperti motor-motor Yamaha sebelumnya yang selalu unggul dalam tikungan, YZR-M1 tahun ini sulit untuk melakukan overtaking saat melakukan tikungan kecepatan tinggi.

"Ini sangat, sangat sulit. Menurut saya, masalah terbesar bukan pada mesinnya, melainkan pada gripnya," keluhnya.

Dovizioso pun mengaku kesulitan menguasainya. Bahkan, dirinya sampai terseok-seok pada musim ini, setelah hanya mampu mengumpulkan tiga poin dari empat grand prix. Pembalap asal Italia tersebut menduduki urutan ke-21.

Sedangkan El Diablo menjadi pengguna YZR-M1 terbaik. Dia telah mengumpulkan 44 poin dan sebuah podium yang terpasang kuat di papan atas, tepatnya peringkat kelima.

Andrea Dovizioso

Sebagai informasi tambahan, grand prix selanjutnya hanya tinggal menghitung hari untuk berpindah ke GP Portugal 2022. Marc Marquez dan para pembalap lainnya akan mengaspal di Sirkuit Algarve, yang rangkaian balapannya dimulai pada 22-24 April.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di https://vipl.us/s53nk . Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini