Share

6 Pebulu Tangkis Berprestasi Indonesia yang Bergelar Sarjana, Nomor 1 Masih Bersinar di Usia Tua

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 40 2569928 6-pebulu-tangkis-berprestasi-indonesia-yang-bergelar-sarjana-nomor-1-masih-bersinar-di-usia-tua-b3dsb8sxdV.JPG Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. (Foto: PBSI)

BANYAK pebulu tangkis Indonesia yang tetap mementingkan pendidikan formal. Tak heran jika para pebulu tangkis Tanah Air itu mampu memiliki gelar sarjana sekali pun disibukkan dengan kegiatan mereka di olahraga tersebut.

Hebatnya, pendidikan yang pebulu tangkis tempuh itu tak menganggu prestasi mereka di dunia bulu tangkis. Lantas siapa saja mereka?

Berikut 6 Pebulu Tangkis Berprestasi Indonesia yang Bergelar Sarjana:

6. Bona Septano

Bona Septano

Bona Septano merupakan mantan pemain ganda putra Indonesia. Ia pun telah meraih gelar Sarjana Ekonomi Manajemen. Adik mendiang Markis Kido iitu pernah menjadi rekan duet Mohammad Ahsan pada 2009-2011.

5. Pia Zebadiah Bernadet

Pia Zebadiah Bernadet

Pia bermain di sektor tunggal putri Indonesia, Pia Zebaidah Bernadet, pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Pratama Bekasi. Adik mendiang Markis Kido itu pun menyandang gelar Sarjana Ekonomi sejak diwisuda pada 2011 silam.

4. Luluk Hadiyanto

Luluk Hadiyanto

Luluk dulunya bermain di sektor ganda putra. Ia pernah bermain di Piala Thimas 2004 dan 2006 serta di Piala Sudirman 2003 dan 2004. Dulunya ia berpasangan dengan Alvent Yulianto.

Luluk sendiri lulusan Administrasi Negara di FISIP UI pada 2013. Bahkan di 2014, ia pun memilih meneruskan hingga S2 dengan jurusaan Magister Sport Manajemen di UNJ. Berkat pendidikannya itu, kini Luluk bekerja di Kemenpora.

3. Fajar Alfian

Fajar Alfian

Fajar Alfian adalah pemain ganda putra Indonesia yang memiliki gelar serjana usai menyelesaikan pendidikan di FKIP jurusan Georgrafi di Universitas Bale Bandung (Unibba) pada 2018 silam. Ia menyelesaikan dengan kondisi sedang aktif-aktifnya bermain bersama rekan duetnya, Muhammad Rian Ardianto.

2. Greysia Polii

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Greysia menempuh pendidikan di Universitas Trisakti Jakarta jurusan D3 Perpajakan. Greysia memulai pendidikannya sejak 2010 di sela-sela kesibukannya sebagai atlet tepok bulu.

Greysia menyelesaikan kuliahnya pada bulan Oktober tahun 2015. Kini, Greysia pun disebut-sebut akan segera pensiun usai memastikan meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

1. Mohammad Ahsan

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Mohammad Ahsan adalah salah satu pebulu tangkis Indonesia yang memiliki gelar Sarjana Ekonomi. Gelar itu didapatkan Mohammad Ahsan dengan menuntaskan pendidikan di Universitas Budi Luhur.

Sekadar informasi, bersama Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan telah meraih banyak gelar bergengsi di dunia bulu tangkis. Pasangan berjuluk The Daddies itu pernah menjuarai Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis dan All England Open pada 2019 lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini