Share

5 Keunggulan Sirkuit Mandalika dari Negara Lain, Nomor 1 Bikin Pembalap MotoGP Terpukau

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 38 2563701 5-keunggulan-sirkuit-mandalika-dari-negara-lain-nomor-1-yang-bikin-pembalap-motogp-terpukau-Mxa0cXs2fX.jpg Keunggulan Sirkuit Mandalika dari negara lain. (Foto: Laman resmi MotoGP)

KEUNGGULAN Sirkuit Mandalika dari negara lain menjadi daya tarik bagi pembalap MotoGP dan para penggemar ajang balap motor tersebut. Apalagi Sirkuit Mandalika baru pertama menggelar balapan MotoGP, hal itu membuat seri Indonesia kali ini terasa spesial.

Berstatus sirkuit baru, Sirkuit Mandalika ternyata memiliki beberapa keunggulan dibandingkan trek yang ada di kalender MotoGP 2022. Lantas apa saja keunggulan itu?

Berikut 5 keunggulan Sirkuit Mandalika dari negara lain yang dikutip Okezone:

5. Konsep street circuit yang berbeda

Sirkuit Mandalika

Istilah street circuit merujuk kepada fungsi balapan yang lebih besar. Sederhananya, bila tidak ada balapan, sirkuit juga dapat berfungsi sebagai atraksi pariwisata.

Maka dari itu, orang-orang dapat menggunakan area di sekitar jalur utama untuk kegiatan rekreasi seperti berlari, joging, atau sekedar menikmati pemandangan menakjubkan. Namun, jalur utama tetap terbatas bagi masyarakat umum.

4. Miliki aspal terbaik di dunia

Aspal Sirkuit Mandalika telah selesai diperbaiki (MGPA)

Demi memenuhi persyaratan untuk kompetisi kelas dunia seperti MotoGP, PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC) sebagai bagian dari pembangunan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika menggunakan Stone Mastic Asphalt (SMA) untuk memoles lapisan ketiga dari pembangunan jalurnya.

3. Banyak sentuhan nusantara

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika ini memasukkan aksen lokal di permukaan jalur Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, yaitu corak Subahnale yang merupakan corak tenun yang berasal dari Suku Sasak di Pulau Lombok. Pola ini dapat ditemukan di area run-off atau aspal luar dari pojok ke-15 dan 16 dari Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Kain tenun Subahnale memiliki tingkat kerumitan yang tinggi dan dibuat secara manual menggunakan alat tenun tradisional. Bahannya berasal dari tumbuhan seperti limau betel, daun indigo, daun taum, akar pohon, ranting, serat kelapa, dan banyak lainnya. Proses pembuatan dapat memakan waktu yang relatif lama, tetapi hasilnya dijamin bisa memberikan karya seni yang luar biasa.

2. Sirkuit Jalan Raya

Keunggulan Sirkuit Mandalika dari negara lain memiliki berkonsep jalan raya. Meski berkonsep sirkuit jalan raya, Sirkuit Mandalika sangat mirip dengan trek permanen. Sirkuit Mandalika pun dijamin menjadi trek yang paling aman karena banyak faktor yang mendukungnya.

1. Memiliki pemandangan alam

Sirkuit Mandalika

Pemandangan panorama perbukitan yang dikelilingi laut, serta kualitas aspal yang jauh lebih baik membuat sirkuit ini memiliki keunggulan. Bayangkan pemandangan pantai selatan dengan pasir putih dan bukit hijau asri di latar belakangnya.

Itulah yang akan Sobat Pesona dapatkan saat mengunjungi Mandalika. Tidak heran bila tempat ini sudah menjadi tempat favorit para peselancar internasional sebelum akhirnya dibangun menjadi area pariwisata dengan banyak atraksi seperti resort dan hotel mewah dan waterpark yang ramah untuk wisata keluarga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini