Share

Babak Belur di Qatar, Yamaha Punya Kans Besar Tampil Kompetitif di MotoGP Mandalika 2022

Rio Eristiawan, Jurnalis · Kamis 10 Maret 2022 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 38 2559261 babak-belur-di-qatar-yamaha-punya-kans-besar-tampil-kompetitif-di-motogp-mandalika-2022-ihbD3u1Al8.jpg Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli di MotoGP 2022. (Foto: MotoGP)

LOSAIL – Legenda MotoGP, Carlos Checa, optimis dengan kiprah pembalap Yamaha kala mentas di MotoGP Mandalika 2022. Dia menilai Fabio Quartararo dkk bakal bangkit dari keterpurukan di MotoGP Qatar 2022 sehingga mendulang hasil manis di Sirkuit Mandalika.

Sebagaimana diketahui, pembalap Yamaha harus menderita kala mentas di MotoGP Qatar 2022 pada akhir pekan lalu. Empat pembalap Yamaha gagal menembus posisi lima besar.

Fabio Quartararo

Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) mendapat hasil bagus dibandingkan tiga pembalap lain Yamaha. Pembalap asal Prancis itu menempati posisi kesembilan di akhir balapan.

Sementara itu, rekan Quartararo, Franco Morbidelli, hanya berhasil menempati posisi ke-11. Nasib berbeda dialami oleh dua pembalap WithU RNF, yakni Andrea Dovizioso dan Darryn Binder.

BACA JUGA: Diasapi Brad Binder di MotoGP Qatar 2022, Marc Marquez Takjub dengan Performa Motor Baru KTM

Dovizioso harus puas mengakhiri balapan di posisi ke-14. Sementara Darryn Binder, dia gagal menampilkan performa terbaiknya dan hanya mengakhiro balapan di posisi ke-16.

BACA JUGA: Penyebab Fabio Quartararo hingga Aleix Espargaro Absen di Parade Jelang MotoGP Mandalika 2022

Checa pun menyebut Yamaha sebagai tim yang paling menderita di MotoGP Qatar 2022. Ia menilai pabrikan asal Jepang itu masih belum bisa mengatasi permasalahan yang ada.

“Motornya yang paling menderita. Terutama karena mesin di Qatar lebih penting dan sepertinya mereka belum menemukan tenaga yang mereka inginkan,” kata Checa, dilansir dari Motosan, Kamis (10/3/2022).

“Saya tidak berpikir itu adalah sesuatu yang akan mereka temukan karena mesinnya seperti itu, Anda tidak dapat mengubahnya," sambungnya.

Meski menderita di Qatar, Checa menilai Yamaha memiliki kemungkinan untuk tampil kompetitif di Mandalika. Pasalnya, lintasan di sana berbeda dengan di Qatar sehingga membuat semua pembalap bisa bersaing untuk posisi terdepan, terutama Yamaha.

Fabio Quartararo

“Di Mandalika mungkin mesinnya tidak terlalu diperhitungkan dan mungkin Yamaha punya lebih banyak kemungkinan. Ini akan menjadi balapan yang sangat berbeda dan kami berharap di level lintasan akan ada kondisi yang baik untuk bersaing di Grand Prix ini," jelasnya.

Balapan seri kedua MotoGP 2022 sendiri akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada Minggu 20 Maret 2022. Namun, peluang pembalap Yamaha untuk bisa memperbaiki posisi mereka terbilang sulit karena pada tes pramusim mereka gagal bersinar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini