Share

Kecam Invasi Rusia kepada Ukraina, DBF Denmark Minta BWF Tangguhkan Tim Bulu Tangkis Negeri Beruang Putih

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Senin 28 Februari 2022 06:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 28 40 2554013 kecam-invasi-rusia-kepada-ukraina-dbf-denmark-minta-bwf-tangguhkan-tim-bulu-tangkis-negeri-beruang-putih-MCsLWx1OK5.jpg DBF meminta BWF menangguhkan aktivitas tim bulu tangkis Rusia (Foto: BWF)

FEDERASI Bulu Tangkis Denmark (DBF) meminta kepada Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) menangguhkan aktivitas tim bulu tangkis Rusia dari dunia tepuk bulu internasional sementara ini.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden DBF, Tore Vilhelmsen, kepada pihak BWF, menyusul invasi Negeri Beruang Putih tersebut kepada negara tetangganya, Ukraina.

Victor Axelsen

Pebulu Tangkis Denmark, Victor Axelsen (Foto: BWF)

Sebagaimana diketahui, konflik antara Ukraina dan Rusia semakin tidak terkendali. Sebab, Rusia terus melakukan invasi militer yang menyebabkan banyak korban berjatuhan di Ukraina.

Konflik antara kedua negara pecahan Uni Soviet itu memengaruhi berbagai aspek termasuk di dunia olahraga. Banyak bidang olahraga telah menyatakan sikap atas situasi tersebut.

Sebelumnya, dari dunia sepakbola, Federasi Sepakbola Internasional (FIFA), telah ambil keputusan untuk memindahkan lokasi final Liga Champions 2021-2022 dari Gazprom Arena, Saint Petersburg, Rusia ke Stadion Stade de France, Paris, Prancis.

Terbaru, kini giliran DBF mengambil sikap atas perlakuan keji yang dilakukan oleh Rusia. Mereka meminta BWF untuk menangguhkan Negeri Beruang Putih dari dunia bulu tangkis selama konflik masih terus terjadi.

โ€œApa yang terjadi sekarang di Ukraina adalah perang, perang melawan bangsa yang tidak bersalah, merdeka dan bebas, perang melawan cara hidup kita. Ini sama sekali tidak dapat ditoleransi dan harus dikutuk,โ€ tulis pernyataan Vilhemsen dilansir dari Badminton Bladet, Minggu (27/2/2022).

Viktor Axelsen

Salah satu pebulu tangkis Denmark, Victo Axelsen (Foto: BWF)

โ€œDewan BWF harus mengirimkan pesan yang jelas kepada Komunitas Bulu Tangkis internasional, bahwa Rusia untuk saat ini tidak dapat menjadi bagian dari komunitas kami selama kejahatan ini berlangsung,โ€ imbuhnya.

Komite Olimpiade Denmark (NOC Denmark) sendiri telah mengambil sikap mengenai konflik tersebut. Mereka merekomendasikan semua Federasi Olahraga Denmark, termasuk DBF agar segera membatalkan dan menangguhkan semua kerjasama dengan atlet Rusia.

Termasuk partisipasi pemain bulu tangkis Rusia di Liga Tim Nasional Denmark dan juga partisipasi pemain Rusia di turnamen internasional, yang disetujui Federasi Bulutangkis Eropa (BEC) dan BWF di tanah Denmark.

Atas dasar itu, Vilhemsen cepat mengambil tindakan dengan memberikan surat terbuka tersebut kepada BWF, terkait tim bulu tangkis Rusia di kancah internasional.

Sekarang ini, DBF tinggal menunggu jawaban dari BWF. Sepertinya, BWF akan mengabulkan permintaan, mengingat mayoritas federasi olahraga dunia mengecam perang yang dimulai oleh Rusia itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini