Share

Pembalap MotoGP Tidak Wajib Vaksinasi, Bagaimana Nasib Seri Australia?

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 38 2552207 pembalap-motogp-tidak-wajib-vaksinasi-bagaimana-nasib-seri-australia-Dq8KVNh2AO.jpg Para pembalap MotoGP. (Foto: MotoGP)

MADRID – CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta sudah mengonfirmasi bahwa pihaknya yang merupakan promotor MotoGP tak mewajibkan bagi pembalap untuk vaksinasi. Ezpeleta beralasan hasil PCR negatif sudah cukup menjadi syarat bagi para pembalap untuk bisa ikut balapan.

Sebagaimana diketahui, MotoGP 2022 akan segera bergulir. Adalah MotoGP Qatar yang akan menjadi seri pembuka dan berlangsung pada 4-6 Maret mendatang di Sirkuit Internasional Losail.

Mengingat saat ini masih sedang dalam situasi Covid-19, Ezpeleta mengungkapkan bahwa pihaknya tidak ingin memaksa para rider MotoGP untuk melakukan vaksinasi. Hal tersebut dia sampaikan saat ditanya mengenai soal kasus Novak Djokovic yang batal tampil di Australia Open 2022 lalu lantaran masalah vaksinasi.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta

Pasalnya, MotoGP Australia sendiri termasuk pada kalender musim ini. Yang mana gelaran tersebut dijadwalkan pada 16 Oktober 2022 mendatang. Seperti kita tahu, Negara Kangguru itu mewajibkan vaksinasi bagi seluruh orang yang ingin masuk ke negaranya.

Akan tetapi, Ezpeleta mengaku tak ingin memaksa para ridernya untuk melakukan vaksinasi agar bisa berada di paddock. Meskipun dirinya tahu betul bahwa vaksin dan karantina adalah hal yang perlu dilakukan. Namun dia menyebut bahwa dengan hasil PCR yang negatif saja sudah cukup.

“Tidak, menurut saya vaksin tidak diperlukan untuk masuk ke paddock. Vaksin itu wajib masuk ke Australia, tapi kami tidak bisa memaksakan apapun,” kata Ezpeleta, disadur dari Motosan, Kamis (24/2/2022).

“Saya sangat sering berbicara dengan Stefano Domenicali, CEO Formula 1. Mereka akan segera pergi ke Australia dan tampaknya semuanya normal, tetapi jelas bahwa perlunya vaksin atau karantina untuk memiliki akses ke negara itu, seperti yang kita telah melihat dalam kasus Djokovic,” ungkapnya.

Pembalap MotoGP

“Selain kasus khusus Australia, untuk masuk paddock MotoGP hasil PCR negatif sudah cukup,” tambahnya Ezpeleta.

Seri Australia sendiri akan berlangsung di tiga balapan terakhir MotoGP 2022. Tepatnya MotoGP Australia 2022 akan dihelat di Sirkuit Phillip Island pada 16 Oktober 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini