Share

5 Manfaat Melakukan Olahraga Wushu, dari Olahraga hingga Kesehatan Mental

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 43 2551723 5-manfaat-melakukan-olahraga-wushu-dari-olahraga-hingga-kesehatan-mental-d2IMvJlL1p.jpg 5 manfaat melakukan olahraga wushu. (Foto: Reuters)

5 manfaat melakukan olahraga wushu yang mesti kamu ketahui. Selain sebagai seni bela diri, wushu juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan.

Wushu diketahui bela diri asal China. Meskipun bernama bela diri, namun banyak manfaat kesehatan yang didapat. Kesehatan fisik tentu sudah pasti, yang terpebting kesehatan mental, berikut uraiannya:

5 Manfaat Melakukan Olahraga Wushu

5. Meningkatkan Kekuatan

Gerakan pada wushu lebih banyak membentuk kekuatan pada otot kaki serta inti tubuh seperti bagian perut dan punggung bawah. Menahan gerakan tersebut dapat menguatkan otot serta bisa melatih keseimbangan.

BACA JUGA: 5 Gerakan Wushu untuk Pemula

Bela diri ini juga menguatkan otot tangan. Pasalnya, olahraga ini menggunakan senjata, seperti tongkat, pedang, dan juga golok. Apabila berlatih wushu secara rutin, berat badan Anda akan jauh lebih ideal.

BACA JUGA: Perbedaan Wushu dan Kungfu

4. Meningkatkan Stamina

Fisik yang rutin terlatih akan menghasilkan stamina prima. Dalam olahraga wushu juga diajarkan bagaimana mengendalikan pikiran serta emosi. Apalagi, saat Anda belajar teknik bertahan, antara gerak tubuh dan pikiran lebih harmonis.

3. Meningkatkan Fleksibilitas

Seluruh bagian badan dapat lentur jika Anda rutin berlatih wushu. Adapun bagian tubuh yang dilatih, seperti paha belakang, otot betis, pinggul, dada, punggung, lengan, dan bahu akan lebih fleksibel.

5 Manfaat Melakukan Olahraga Wushu

Kelenturan ini akan terjaga meskipun Anda sudah tua. Para ahli menyebut dua tahun berlatih wushu bisa menjaga fleksibilitas tubuh.

2. Melatih Koordinasi Tubuh

Keterampilan yang penting dalam bela diri wushu, yakni koordinasi pada mata dan tangan. Nantinya, jika terus berlatih wushu, akan terjadi koordinasi antartubuh yang baik.

Misalnya, saat Anda melihat ada benda yang nyaris jatuh, Anda akan dengan sigap menangkapnya.  Itulah salah satu bentuk respons cepat dari koordinasi antartubuh.

1. Melatih Keseimbangan

Terakhir, manfaat Anda berlatih wushu bagi kesehatan adalah keseimbangan. Cukup banyak jurus yang memperagakan posisi berdiri satu kaki.

Pada posisi ini, Anda akan dapat berdiri tegak dan seimbang tanpa jatuh atau goyang. Bandingkan dengan sebelum Anda berlatih wushu, mungkin akan lebih sering terjatuh. Hal itu karena keseimbangan belum maksimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini