Share

5 Gerakan Wushu untuk Pemula

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 43 2551475 5-gerakan-wushu-untuk-pemula-c88WSfGYsC.jpg Gerakan wushu untuk pemula (Foto: Instagram/@edgarmarvelo)

GERAKAN wushu untuk pemula akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, Olahraga asal Negeri Tirai Bambu itu dikenal luas di Indonesia. Dalam olahraga ini, ada dua kateori utama, yakni Sanda dan Taulou. Akan tetapi, Taolu yang paling dikenal di Tanah Air.

Okezone akan merangkum 5 gerakan wushu untuk pemula , apa saja itu? Berikut ulasannya:

Gerakan Wushu untuk Pemula

(Atlet wushu sedang beraksi, foto: Istimewa)

5. Ma Bu (Kuda-Kuda)

Seperti bela diri lainnya, wushu juga memiliki sikap atau gerakan dasar kuda-kuda. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk menyeimbangkan tubuh dan mempersiapkan anggota gerak saat hedak melakukan gerakan seanjutnya pada tingkatan yang lebih rumit.

Cara melakukannya, Anda dapat berdiri tegak. Kedua kaki dibuka selebar bahu, tekuk lutut hingga posisi setengah duduk atau seperti posisi tengah berkuda. Badan tetap tegak, tetapi jangan terlalu kaku.

4. Gong Bu (Posisi Menunduk)

Cara melakukan gerakan gong bu dengan memposisikan salah satu kaki lebih ke depan dan membentuk garis lurus dengan kaki yang berada di belakang. Gerakan tersebut sebagai salam penghormatan kepada lawan. Mirip seperti gerakan lunges, tekuklah bagian lutut depan sampai membentuk sudut sekira 90 derajat. Kaki belakang diluruskan menjauhi kaki depan. Saat Anda mempraktikkan gerakan ini sebaiknya dalam posisi tegap dan pandangan ke arah depan.

3. Xie Bu (Posisi Istirahat)

Saat hendak beristirahat, silangkan kaki kanan Anda pada kaki kiri seperti posisi orang duduk, tetapi tanpa memakai kursi. Pastikan kaki-kaki Anda kuat, lalu perlahan-lahan turunkan posisi tubuh ke bagian bawah. Selama melakukan gerakan ini badan tetap tegak.

Gerakan Wushu untuk Pemula

(Atlet wushu Edgar Xavier Marvelo, foto: Instagram/@edgarmarvelo)

2. Ce Chuai Ti (Tendangan Samping)

Cara melakukan ce chuai ti atau tendangan samping adalah dengan Anda berdiri tegap dan tangan di pinggang, tetapi pergelangan menghadap ke atas. Telapak tangan dibuat mengatup seperti akan meninju. Posisikan siku di dekat badan.

Mundurkanlah salah satu kaki sedikit ke belakang. Selanjutnya, angkat lutut yang ada di depan hingga berada di pinggang, lalu luruskan setinggi mungkin tendangan.

1. Tan Tui (Tendangan Tajam)

Terakhir, ada tendangan tajam. Cara melakukannya dengan meluruskan tangan kanan depan dada sambil tekuk pergelangan tangan ke atas. Sampai jari-jari tangan menghadap ke langit-langit.

Untuk tangan kiri, berada di pinggang sambil membentuk tinju dan posisi siku kiri rapat dengan badan. Posisi pergelangan tangan menghadap ke atas. Lakukanlah satu tendangan kencang dengan memakai kaki kanan ke arah kaki bagian bawah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini