Share

Perbedaan Wushu dan Kungfu

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 43 2551381 perbedaan-wushu-dan-kungfu-yVtc2wc75h.jpg Berikut perbedaan wushu dan kungfu (Foto: Instagram/@edgarmarvelo)

PERBEDAAN wushu dan kungfu akan dibahas Okezone. Secara umum, Kungfu dikenal sebagai bela diri asal Cina. Kungfu berasal dari kata gong berarti kerja ataupun pencapaian dan fu merujuk kepada subjeknya yaitu manusia. Jika digabungkan kedua kata tersebut bermakna pencapaian manusia.

Makna kungfu yang kedua, yaitu kerja atau usaha. Apabila kembali menilik ke belakang, secara umum lebih bermakna pada penguasaan hal-hal umum selain bela diri. Profesi apa pun jika terus mengasah kemampuan dan menguasai berbagai teknik maka dapat julukan sebagai master kungfu.

Perbedaan Wushu dan Kungfu

(Bruce Lee salah satu legenda film kungfu, foto: Daigo)

Selama ini, kita kenal kungfu tidak jauh dari IP Man maupun Bruce Lee. Padahal, makna kungfu jauh lebih luas. Itu karena selama ini orang barat salah menginterpretasi makna kungfu serta penerjemah juga banyak yang keliru saat menerjemahkan film-film Cina bertema bela diri.

Kungfu secara harfiah berarti keterampilan yang telah dicapai dengan mengorbankan waktu dan usaha. Kungfu bukanlah seni bela diri tunggal seperti karate, jijutsu atau muay thai, tetapi mengacu pada beberapa seni bela diri yang berasal dan dikembangkan di Cina selama ribuan tahun.

Sementara itu, wushu juga terdiri dari dua kata, yaitu wu berarti militer atau bela diri dan shu merupakan teknik. Jadi, wushu merupakan sebuah sebutan bagi olahraga bela diri asal Cina juga.

Wushu menjadi ungkapan yang dipromosikan oleh otoritas Cina sejak gerakan reformasi Cina dimulai. Wushu telah berubah menjadi olahraga kontemporer yang coba untuk dimasukkan oleh Cina dalam Olimpiade musim panas. Akan tetapi, pada zaman modern, istilah wushu lebih sering digunakan untuk mengacu pada nama cabang olahraga (cabor) wushu.

Perbedaan Wushu dan Kungfu

(Atlet wushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo, foto: Instagram/@edgarmarvelo)

Sekadar informasi, kungfu bukanlah istilah yang diakui oleh pihak berwenang di Cina. Mereka menggunakan istilah lain yang disebut wushu untuk mempromosikan seni bela diri Tiongkok. Oleh karena itu, kungfu adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk berbagai seni bela diri.

Ternyata, keduanya memiliki perbedaan. Jangan sampai salah lagi, ya, Okezoners.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini