Share

7 Teknik Dasar Wushu yang Harus Anda Ketahui

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 43 2551092 7-teknik-dasar-wushu-yang-harus-anda-ketahui-I4NESrEC2t.jpg Teknik Dasar Wushu. (Foto: Instagram/edgarmarvelo)

TEKNIK dasar Wushu ada dua jurus, yaitu Kigong dan ilmu ketahanan fisik serta Waigong (Ilmu Pernafasan). Namun berdasarkan standar internasional ada tujuh macam jurus dasar wushu.

Tinju Utara (Chang Quan atau Long First)

Gaya ini merupakan gaya yang sering dilihat dari bentuk wushu. Gaya ini menitikberatkan pada tendangan, memiliki serangan panjang dan cepat, teknik loncatan dan putaran yang indah. Di dalamnya sudah termasuk kelincahan, kecepatan, kegesitan, fleksibilitas dan akurasi.

Karena di dalamnya membutuhkan kegesitan, maka latihan ini membutuhkan fleksibilitas tinggi. Oleh sebab itu, tak sedikit atlet yang belajar sejak usia dini.

Tinju selatan (Nan Quan atau Southern fist)

Pada teknik dasar tinju selatan ini didalamnya termasuk pada Yongchunquan (Wing Chun), Hongjiaquan (Hung Gar) dan Cailifoquan (Choy Li Fut).Gaya ini dikenal dengan sebagai pukulannya yang keras dan juga kuat. Karena memiliki gerakan kuda-kuda yang stabil, posisi sikap badan yang rendah serta gerakan tangan yang rumit dan cepat untuk serangan-serangan jarak dekat.

Serangan yang dihasilkan dari gaya ini cukup efektif bahkan dapat mematikan. Biasanya pada gaya ini didukung oleh gertakan dan teriakan pada saat menyerang. Awal dari gerakan ini karena warga Cina bagian Selatan tinggal dekat pelabuhan dan wilayah yang kurang subur.

Wushu

Lurus golok (Dao Su/Broadsword Play)

Pada gaya changquan sangat cocok menggunakan senjata golok. Karena golok memiliki karakter yang galak, pemberani, tegas, ganas, tangkas dan gesit.

Untuk gerakannya, lebih banyak menggunakan bacokan dengan seni tusukan, menangkis dan juga serangan kombinasi. Pada tangan satunya yang tidak memegang golok dapat berperan sebagai pengharmonis atau penyeimbang.

Jurus Pedang (Uian Su atau Sword Play)

Pertama kita bahas, jian (pedang bermata dua) gaya yang cocok yakni masih cangquan. Gerakan ini terlihat lebih lembut. Lebih banyak gerakan menusuk, menangkis dan juga memutar.

Nomor pedang/jian biasanya dipertandingkan bersama nomor tombak/qiangshu(diperankan oleh seorang atlet, nilainya dijumlahkan) dalam event Sea Games.

Taijijian (pedang taiji)

Gaya/ jurus pedang yang dimainkan berdasarkan gaya/ jums taijiquan. Mirip dengan taijiquan, taijijian juga memiliki karakter yang lembut, mengalir, kontinu, serta tidak terputus.

Dalam gerakan taijijian meniru gerakan pedang dimana di dalamnya terdapat gerakan memotong, menebas, dan menusuk.Gerakan taijijian tentunya mengadopsi gerakan pedang dimana didalamnya terdapat gerakan memotong, menebas, dan menusuk.

Jurus Toya (Gun Su atau Staff Play)

Pada jurus ini, tentunya menggunakan toya dengan style Nanquan. Sehingga gerakan ini berkarakter yang lebih bertenaga dan keras.

Ukuran toyanya biasanya sedikit lebih pendek sedikit dari pada Gun Shu, serta sedikit lebih besar.Karena toya ini merupakan jurus selatan/south style, maka gerakannya tampak patah-patah tetapi keras, bertenaga dan mematikan.

Wushu

Jurus Tombak (Qiang Su atau Spear Play)

Gaya wushu yang cocok dengan senjata ini adalah gaya Changquan.Jurus Qiang/ tombak ini benumpu pada sisi mata/ ujung tombak yang tajam, berbeda dengan Gun/ Nangun (toya) yang bisa menggunakan kedua sisi.

Tombak lentur dengan ciri khas rumbai merah yang melekat pada ujung tombak yang terbuat dari besi yang tajam.Ujung tombaknya juga banyak variasi bentuknya.

Senjata ini bagaikan raja, maksudnya dalah ia memiliki karakter seperti toya yang bisa bergerak bisa juga meniru gerakan pedang yang gesit dan juga gesit. Ganas bagaikan golok. Selain untuk menyerang tombak bisa dipakai untuk menangkis, membanting, menekan dan menerobos.

Lurus Tai Chi (Tai Chi Quan atau Shadow Boxing)

Taichi merupakan sebuah bentuk seni bela diri dan senam kesehatan aliran halus dari Tiongkok. Taichi terbagi menjadi berbagai "gaya" yang pada dasarnya berasal dari satu akar dan konsep dasar yang hampir sama, namun bentuk gerakannya berbeda-beda.

Adapun gaya-gaya Taichi yang terkenal adalah gaya Chen, gaya Yang, gaya Sun, dan gaya Wu. Di antara gaya-gaya terkenal tersebut, gaya Yang lah yang sangat terkenal.

Itulah Teknik dasar wushu yang harus Anda ketahui.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini