Share

Sejarah Wushu di Indonesia

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Jum'at 18 Februari 2022 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 43 2549608 sejarah-wushu-di-indonesia-46wd75ER6n.jpg Sejarah Wushu. (Foto: Bagas Abdiel/MPI)

SEJARAH wushu di Indonesia dimulai pada tahun 10 November 1992. Saat itu KONI pusat telah mensahkan berdirinya Pengurus Besar Wushu Indonesia.

Meskipun begitu, ternyata olahraga ini lebih dulu masuk pada tahun 1980an. Setelah dibentuk oleh KONI, Wushu pun berlaga di SEA GAMES XVIII Singapura.

Wushu berasal dari negeri Cina. Cara penyebaran olahraga ini melalui warganya yang merantau ke negara-negara lain di seluruh penjuru dunia.

Sampai saat ini, mungkin usia olahraga ini mencapai ribuan tahun. Karena riwayat sejarahnya belum tercatat rapih.

Wushu

Nama wushu lebih dikenal dengan Kung Fu. Wushu dan kundao lebih sering disebut ilmu bela diri dari Tiongkok.

Secara bahasa, Wushu berasal dari dua kata yaitu "Wu" artinya ilmu perang sedangkan kata "Shu" artinya seni.

Wushu berarti seni untuk berperang. Tak hanya mengajarkan bela diri, wushu juga mengajarkan olahraga, kesehatan dan juga memperkuat mental.

Mengapa memperkuat mental? Karena wushu memiliki tujuan untuk membentuk kedisiplinan, ketahanan mental, kecerdikan, kewaspadaan, persaudaraan, jiwa satria dan lain-lain.

Lebih dari itu wushu juga menjadi Jalan Hidup bahkan menjurus kepada pengembangan spritiual.

Lantas, apa yang dimaksud dengan wushu? wushu diartikan sebagai seni berperang dan seni bela diri yang menggunakan metode tendangan, pukulan, lemparan, jepitan dan menentukan fungsi dari seluruh bagian tubuh dalam berlatih, untuk menggerakkan potensi terpendam dalam tubuh manusia, serta keterampilan dalam menggunakan senjata-senjata tradisional.

Meskipun kerap disebut mirip Kung Fu, namun Wushu memiliki perbedaan. Jika wushu dapat diartikan sebagai bela diri/martial art sedangkan kungfu berarti keahlian yang tercapai lewat perjalanan waktu (over-time).

Wushu

Kembali lagi kepada sejarah Wushu yang diperkirakan berumur ribuan tahun. Kebanyakan orang Cina menyebut wushu merupakan olahraga tertua. Guna kembali menggelorakan olahraga nenek moyang, pemerintah Cina mulai menyosialisasikan wushu sebagai bela diri tradisional Cina pada tahun 1949.

Setelah disosialisasikan oleh pemerintah Cina. Wushu terus berkembang ke seantero dunia. Hingga terbentuklah wadah bernama International Wushu Federation (IWUF) yang memegang Kejuaraan Dunia Wushu atau Wushu Championship yang diadakan setiap 2 tahun sekali.

Ternyata, sebagai olahraga tradisional dan tertua di Cina, Sejarah wushu cukup panjang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini