Share

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Internasional

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2022 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 43 2544813 ukuran-lapangan-bola-voli-standar-internasional-k1a60eiUNM.jpg Ukuran lapangan bola voli. (Foto: PB PON XX Papua 2020)

UKURAN lapangan bola voli hanya seperlima dari lapangan sepakbola. Voli pertama kali dicetuskan oleh seorang guru pendidikan Jasmani di Young Men’s Christian Association (YMCA) di Britania Raya pada tahun 1895 termasuk salah satu cabang olahraga (cabor) yang digemari banyak orang,

Sejarahnya saat itu, adanya penggabungan antara olahraga tenis, baseball dan bola basket yang kemudian menjadi olahraga voli. Pemainnya bisa dari laki-laki maupun perempuan. Pembedanya jika dimainkan oleh lelaki, maka lebih tinggi dengan net perempuan.

Dalam tulisan ini Anda akan mendapatkan data mengenai ukuran lapangan bola voli.

Lapangan bola voli memiliki Panjang lapangan 18 meter dengan lebar lapangan 9 meter. Lebar garis serang 3 meter. Daerah clearance yakni daerah menghalau bola yang mana bagian belakang 3-8 meter dan bagian samping yakni 3-5 meter.

Ukuran lapangan bola voli

Sementara untuk Ukuran net Lebar 1 meter. Panjang 9 meter. Dengan Tinggi net bola voli bervariasi. Bagi Putra 2,43 meter dan Putri 2,24 meter.

Jarak tiang net dengan garis samping lapangan voli: 0,5 – 1 meter. Pita tepian samping net: 5 centimeter sepanjang 1 meter. Mata jala net: 10 centimeter dengan Luas 162 meter persegi, Lebar Garis: 5 cm. Pada Pita tepian atas net 5 centimeter. Tinggi antena 0,8 meter di atas net.

Bahan material yang digunakan untuk membut lapangan voli di dalam ruangan atau indoor, tidak ada aturan baku yang mengaturnya.Namun, pada umumnya lapangan voli dibuat dengan menggunakan kayu serta bahan sintetisnya.

Sedangkan untuk lapangan voli di luar ruangan atau outdoor lazimnya menggunakan material beton maupun tanah. Berbeda dengan lapangan voli pantai yang menggunakan pasir pantai serta kayu untuk membuat garis.

Ukuran lapangan bola voli

Untuk warna lapangan voli, menggunakan warna-warna kontras. Hal itu bertujuan agar wasit, pemain dan para official bisa membedakan antara bola masuk dan bola keluar. Tapi umumnya untuk warna garis menggunakan warna putih dan warna lapangan serta daerah garis serang yakni kuning, jingga, biru, merah serta hijau.

Sekadar informasi, ukuran lapangan bola voli di Indonesia sudah diatur oleh Persatuan Bola Voli Indonesia atau PBVSI serta Federation International Volley Ball (FIVB).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini