Share

Ekonomi Solo Diyakini Bisa Terangkat dengan ASEAN Para Games 2022

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Selasa 08 Februari 2022 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 43 2544161 ekonomi-solo-diyakini-bisa-terangkat-dengan-asean-para-games-2022-MRKhn6ONo8.jpg ASEAN Para Games 2022 diyakini akan mengangkat ekonomi Kota Solo (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Solo terpilih sebagai tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Ajang multiolahraga ini diyakini bisa mengangkat ekonomi Solo ke level selanjutnya.

Dengan adanya kontingen negara asing ataupun wisatawan, kebutuhan sehari-hari akan terus bertambah. Alhasil, ekonomi kota tuan rumah juga akan meningkat.

Ilustrasi para renang (Foto: Istimewa)

Salah satu industri yang diprediksi mengalami peningkatan adalah penginapan karena adanya wisatawan. Ini akan mengangkat ekonomi Solo.

“Dampak nyata ada overnight stay, nantinya kemungkinan 3000 peserta akan datang ke Solo dan memenuhi hotel yang ada di Solo,” ungkap Dosen FKOR UNS, Febriani Fajar Ekawati, dalam webinar Sportstars-UNS bertema potensi ASEAN Para Games untuk Mendukung Industri dan Tourism, Selasa (8/2/2022).

“Tentunya, hal ini akan memunculkan dampak di industri yang lain. Ssebab, pasti kebutuhan akan meningkat dengan adanya wisatawan maupun kontingen olahraga yang akan bertanding,” imbuhnya.

Selain itu, dengan adanya ASEAN Para Games 2022, akan ada banyak lapangan kerja baru yang bisa didapatkan oleh warga lokal. Ini memberikan dampak baik untuk aktivitas ekonomi Solo ke depannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Gibran Rakabuming Raka Ketua Panitia ASEAN Para Games 2022 (Foto: Istimewa)

“Lapangan pekerjaan baru pasti akan banyak muncul, beberapa di antaranya ada volunteer, dan penerjemah yang sangat penting dalam ajang multi event olahraga internasional,” sambungnya.

“Driver juga tidak kalah pentingnya. Dengan driver yang sudah hafal dengan kondisi Kota Solo, maka para kontingen tidak telat untuk bisa datang ke lokasi pertandingan maupun latihan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini