Share

Teknik Dasar Bola Voli untuk Pemula

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 07 Februari 2022 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 07 43 2543613 teknik-dasar-bola-voli-untuk-pemula-5AxdQ2B3mR.jpg Teknik dasar bola voli untuk pemula (Foto: Shutterstock)

TEKNIK dasar bola voli untuk pemula akan dibahas Okezone. Dengan menguasai teknik dasarnya, Anda dapat melakukan permainan bola voli dengan benar pula. Teknik ini dapat dikuasai dengan latihan yang rutin.

Sekadar informasi, permainan bola voli sudah ada sejak zaman dahulu dan merupakan salah satu cabang permainan bola besar. Pertandingan voli membutuhkan dua tim dalam satu lapangan.

Secara sederhana, cara memainkan bola voli adalah dengan membuat bola terlepar dan terjatuh didaerah pertahanan lawan menggunakan pukulan tangan.

Lalu, bagaimana dengan teknik dasar bola voli bagi pemula? Melansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan teknik dasar tersebut.

Teknik Dasar Bola Voli

4. Servis

Teknik Dasar Bola Voli untuk Pemula

(Servis voli yang dilakukan pemain dalam pertandingan, foto: istimewa)

Servis pada bola voli dapat diartikan sebagai serangan pertama karena pukulan ini dilakukan untuk mengawali sebuah permainan. Servis dapat menentukan jalannya pertandingan sehingga pukulannya harus tepat dan bertenaga. Teknik dasar melakukan servis adalah dengan memposisikan kaki pada belakang garis batas lapangan.

Ada beberapa jenis servis yang wajib diketahui bagi pemula, yaitu:

  • Servis bawah
  • Servis atas
  • Servis mengapung atau floating sevice
  • Servis lompat atau jumping service

3. Passing

Teknik Dasar Bola Voli untuk Pemula

(Pevoli cantik Sabina Altynbekova sedang beraksi, foto: Istimewa)

Passing merupakan gerakan yang dilakukan untuk memberikan atau mengoper bola ke rekan satu tim dan dilakukan menggunakan dua tangan. Selain itu, teknik passing juga dapat digunakan untuk menangkis serangan dan melakukan serangan balik terhadap lawan.

Ada beberapa jenis passing yang wajib diketahui, yaitu:

  • Passing atas
  • Passing bawah

2. Smash

Teknik Dasar Bola Voli untuk Pemula

(Smash untuk menambah pundi-pundi poin tim, foto: Olympics)

Smash merupakan teknik memukul bola voli dengan keras dan tajam. Teknik ini biasa digunakan untuk menyerang. Teknik ini juga dikenal dengan nama spike.

Tentunya, belajar teknik smash yang benar akan menambah peluang tim untuk menang. Dalam melakukan teknik ini, anda memerlukan konsentrasi, keakuratan, dan kekuatan. Cara melakukan smash hampir mirip dengan jumping servis.

1. Blocking

Teknik Dasar Bola Voli untuk Pemula

(Blocking terhadap smash lawan, foto: Istimewa)

Counter dari smash adalah teknik blocking. Ketika ada bola smash dari lawan, lalu teman satu tim melakukan blocking pada bola tersebut, bola akan memantul ke arah pertahanan lawan.

Agar blocking sukses, anda harus berdiri didekat net. Caranya adalah dengan mengangkat kedua tangan yang tinggi sembari melompat dan jari tangan harus direnggangkan sehingga memperluas area blocking.

Demikian teknik dasar bola voli untuk pemula yang telah Okezone rangkum. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini