Share

Gara-Gara Tak Main di Kejurnas Denmark 2021, Anders Antonsen dan Viktor Axelsen Didenda Rp54,5 Juta

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 05:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 40 2537805 gara-gara-tak-main-di-kejurnas-denmark-2021-anders-antonsen-dan-viktor-axelsen-didenda-rp54-5-juta-e9xCg9pf42.jpg Anders Antonsen dan Viktor Axelsen saat berlaga. (Foto: Reuters)

ANDERS Antonsen dan Viktor Axelsen didenda karena tak tampil di Kejuaraan Nasional Denmark 2021. Denda yang didapat kedua tunggal putra Denmark itu mencapai 25 ribu Krona Denmark atau sekira Rp54,5 juta dari Federasi Bulu Tangkis Denmark (DBF).

Anders Antonsen dan Viktor Axelsen sendiri kala itu baru kembali dari Olimpiade 2020 di Tokyo pada Agustus tahun lalu. Mereka berdua pun seharunya dijadwalkan bermain di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Denmark di Esbjerg pada seminggu kemudian.

Viktor Axelsen

Namun, keduanya memutuskan batal tapil. Viktor Axelsen mengumumkannya sehari setelah meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Baru seminggu kemudian, Anders Antonsen yang ikut mengumumkan batal tampil.

Hampir setengah tahun kemudian, Badminton Denmark memilih untuk menghukum kedua pemain tersebut. Hal ini terjadi karena pembatalan mereka dianggap melanggar kesepakatan yang menyatakan bahwa pemain tim nasional wajib untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Denmark.

“Kami memiliki kewajiban untuk bertindak dan memberikan sanksi ketika kesepakatan bersama timnas dilanggar,” ucap Direktur Bulu Tangkis Denmark, Bo Jensen, dikutip laman Sport.tv2, Rabu (26/1/2022).

Sebenarnya di kala itu, Axelsen dan Antonsen telah menghubungi pihak federasi terkait alasannya yang tidak bisa tampil. Kedua pemain ini mengalami kelelahan yang signifikan, terutama secara mental usai pulang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

Pada saat yang sama, Direktur Bulu Tangkis Denmark pun menyatakan bahwa kelelahan mental sebenarnya adalah alasan yang sah. Namun sayangnya, saat itu Axelsen dan Antonsen tidak menunjukkan dokumentasi tertulis layaknya seperti cedera dan penyakit. Hal itulah yang kemudian menjadi masalah.

Anders Antonsen

“Jika Anda lelah secara mental di puncak Olimpiade dan ingin menggunakannya sebagai argumen, Anda harus memberikan dokumentasi. Ketika itu tidak terjadi, kami harus memberikan sanksi. Meski begitu, kami tidak menganggapnya sebagai masalah besar, kami juga tidak berharap akan terulang kembali dengan denda,” ucap Bo Jensen.

Khususnya Axelsen, sampai saat ini, dia masih belum diketahui status dan masa depannya.  Pemenang emas Olimpiade ini masih berada di Dubai sejak memutuskan menginggalkan pelatnas beberapa minggu setelah Kejuaraan Denmark.

Dalam waktu yang sama, Viktor Axelsen tidak lagi dipaksa berlaga di Denmark Championships usai kontraknya dengan Badminton Denmark diputus. Ia juga kehilangan kesempatan untuk menggunakan pelatih nasional, Kenneth Jonassen, di turnamen internasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini