Share

Ini Alasan Utama Razlan Razali Berani Tunjuk Darryn Binder sebagai Pengganti Valentino Rossi

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 00:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 38 2537785 ini-alasan-utama-razlan-razali-berani-tunjuk-darryn-binder-sebagai-pengganti-valentino-rossi-qaZRV3620Q.jpg Pembalap Tim WithU RNF Yamaha, Darryn Binder. (Foto: MotoGP)

VERONA โ€“ Keputusan Tim WithU Yamaha RNF menunjuk Darryn Binder sebagai pengganti Valentino Rossi dinilai terlalu gegabah karena mempercayakan pembalap Moto3 langsung ke MotoGP. Namun, menurut Kepala Tim RNF, Razlan Razali menarik Binder adalah keputusan yang tepat karena ada potensi yang dimiliki rider berusia 24 tahun tersebut.

Sebagaimana diketahui, Binder langsung promosi ke kelas utama dari Moto3. Dia menjadi pembalap pertama sejak Jack Miller yang naik kelas dengan cara yang sama pada 2015 lalu.

Namun, pembalap asal Afrika Selatan itu mendapatkan banyak kritik karena gaya balapnya yang terlalu agresif sehingga cukup sering menyebabkan kecelakaan. Salah satunya adalah ketika dia menjadi penyebab tabrakan kontroversial dengan Dennis Foggia di Portugal yang membantu Pedro Acosta menyabet gelar juara Moto3.

Darryn Binder

Kendati demikian, Razali menganggap wajar kritik yang diberikan kepada seorang pembalap yang baru datang ke MotoGP dari Moto3. Dia tetap menaruh kepercayaan pada anak buahnya itu karena ada potensi yang terlihat dalam dirinya.

โ€œTentu saja, kritik selalu terbuka ketika pembalap dari Moto3 datang langsung ke MotoGP. Itu normal, tapi kami percaya padanya, kami melihat potensi dalam diri Darryn,โ€ kata Razali dilansir dari Motorsport, Rabu (26/1/2022).

Lebih lanjut, bos tim satelit Yamaha itu mengakui bahwa keputusan membawa Binder ke MotoGP memiliki risiko yang besar. Namun, dia yakin orang-orang berpengalaman yang ada di timnya akan membantu Binder beradaptasi dan berkembang.

โ€œYa, itu risiko besar bagi kami dan khususnya Darryn. Tetapi kami memiliki orang-orang yang cakap dan berpengalaman di sekitarnya untuk membimbingnya dengan benar dan kami akan mengikuti balapan satu per satu dan melihat bagaimana dia bisa berkembang,โ€ jelas pria asal Malaysia itu.

โ€œHal terpenting adalah memastikan dia berkembang dengan baik. Anda tidak pernah tahu, ini olahraga, ini MotoGP, dia bisa mengejutkan semua orang,โ€ tambahnya.

Pada musim debutnya di MotoGP Binder akan berduet dengan Andrea Dovizioso. Tentu saja, itu akan menjadi keuntungan baginya karena bisa belajar banyak dari pembalap berpengalaman seperti Dovi yang telah malang melintang di dunia balapan kuda besi sejak 2008 lalu.

Darryn Binder

Sekadar informasi, pembalap 24 tahun itu finis di peringkat tujuh pada klasemen akhir Moto3 2021 lalu. Dia mengoleksi 136 poin dengan mengantongi dua podium.

Tentunya RNF menaru harapan besar kepada Binder. Setidaknya pembalap asal Afrika Selatan itu bisa finis sebagai rookie of the year di akhir musim nanti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini