Share

Meski Fabio Quartararo Juara, Yamaha Jadi Motor Paling Lambat di MotoGP 2021

Cikal Bintang, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 38 2535048 meski-fabio-quartararo-juara-yamaha-jadi-motor-paling-lambat-di-motogp-2021-1wWT75IhfO.jpg Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. (Foto: MotoGP)

MADRID – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo mungkin berhasil menjadi juara MotoGP 2021, namun ternyata motornya bukanlah yang terbaik di musim tersebut. Sebab menurut analisa media Spanyol, Motosan, diketahui Yamaha menjadi tim pabrikan dengan kecepatan paling lambat di MotoGP 2021.

Sebagaimana diketahui, MotoGP 2021 telah usai dengan Fabio Quartararo keluar sebagai juara. Sementara, Ducati keluar sebagai kampiun konstruktor di klasemen akhir MotoGP 2021.

Meski tidak mampu mengantar pembalapnya juara, Ducati memang pantas menyandang gelar jawara konstruktor MotoGP 2021. Sebab, dalam laporan Motosan, Kamis (20/1/2022), media asal Spanyol itu menyebutkan Ducati memang memiliki rataan kecepatan yang fantastis atau yang paling epat di antara tim pabrikan lainnya.

Baca Juga: Sebelum Segel Gelar Juara MotoGP 2021, Fabio Quartararo Akui Perasaannya Campur Aduk

Fabio Quartararo

Dalam sebuah grafik perbandingan, Ducati berhasil mencatatkan rataan kecepatan 336 kilometer (km) per jam. Catatan ini membuat motor Ducati, yakni Desmosedici yang dikendarai Francesco Bagnaia sangat cepat.

Sementara itu, di urutan kedua ada Honda yang merupakan tunggangan Marc Marquez dengan rataan kecepatan 330,60 km/jam. Setelah itu, yang mengejutkannya ada KTM yang dikendarai oleh Miguel Oliviera dan kolega dengan rataan kecepatan 329,57 km/jam.

Sementara, urutan keempat diisi oleh Aprilia yang ditunggangi oleh Aleix Espargaro dan Maverick Vinales dengan rataan kecepatan 328,11 km/jam. Dalam urutan empat teratas yang tercepat, tidak ada motor yang dikendarai oleh jawara dunia dalam dua musim terakhir.

Ya, motor yang dikendarai Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Fabio Quartararo berada di dua urutan terakhir. Suzuki tercatat memiliki rataan kecepatan 326,94 km/jam, sementara Yamaha mencatatkan rataan kecepatan 325,35 km/jam.

Kecepatan motor tim pabrikan di MotoGP 2021 (Motosan)

Tentu saja, laporan grafik Motosan bisa dibilang mengejutkan dimana dua pembalap juara dunia terakhir justru memiliki rataan kecepatan yang terlambat. Karena itu, faktor skill pembalap tentu sangat berpengaruh dalam gelaran MotoGP.

Yamaha boleh tidak terlalu cepat di MotoGP 2021, namun melalui Quartararo tim berlogo garpu tala itu berhasil menjadi juara dunia. Tetapi Yamaha jelas tidak boleh puas sampai disitu saja, sebab jika Yamaha tidak berkembang, bisa jadi tim lain justru berhasil merebut gelar juara di MotoGP 2022 nanti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini