Share

Berawal dari SMA Ragunan, Derrick Michael Kini Jadi Calon Pemain NBA Pertama Asal Indonesia

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 05:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 36 2533694 berawal-dari-sma-ragunan-derrick-michael-kini-jadi-calon-pemain-nba-pertama-asal-indonesia-6WCTwlErgA.jpg Derrick Michael berpotensi sebagai calon pebasket asal Indonesia pertama yang tampil di NBA. (Foto: Instagram/derrickmichael_)

NAMA Derrick Michael Xzavierro sedang menjadi pembicaraan banyak pencinta basket Tanah Air lantaran ia berpotensi untuk menjadi pebasket asal Indonesia pertama yang bisa bermain di NBA. Ia yang mengawali kariernya basketnya di SMA Ragunan itu kini memiliki peluang untuk tampil di ajang basket terbaik dunia milik Amerika Serikat tersebut.

Hal itu tak terlepas dari kabar Derrick menjadi pebasket pertama dari Tanah Air yang berhasil masuk ke NBA Global Academy yang bertempat di Canberra, Australia. Di sana, para pemain berbakat dari seluruh dunia menimba ilmu untuk menjadi pemain masa depan di liga bola basket paling bergengsi di dunia itu.

Sebelumnya, pemain berusia 18 tahun itu memiliki prestasi gemilang ketika membela klub sekolahnya, SMA Ragunan Jakarta. Puncaknya, dia menjadi sorotan setelah berseragam Tim Nasional Bola Basket Indonesia pada ajang FIBA Asia Cup 2021.

Baca Juga: Derrick Michael, Pebasket Indonesia yang Gabung NBA Global Academy

Derrick Michael

Kini, Derrick telah delapan bulan menimba ilmu di NBA Global Academy. Dia pun mengaku mendapat sambutan yang baik oleh rekan-rekannya di sana meskipun pada awalnya dia kesulitan berkomunikasi karena kemampuan bahasa Inggrisnya yang masih terbatas.

Kemudian, remaja berdarah Batak-Kamerun itu menjelaskan bahwa di NBA Academy para pemain tak hanya sekadar bermain basket saja. Akan tetapi, mereka juga dituntut untuk memiliki nilai yang bagus di sekolah agar prestasi antara dunia basket dan pendidikan mereka tetap seimbang.

"Selama ini, di sana selain basket, kita juga harus top di pelajaran. Supaya basket dan sekolahnya jadi seimbang," kata Derrick dikutip dari Youtube iNews, Selasa (18/1/2022).

"Tapi karena aku sudah lulus, jadi cuma ada kursus bahasa Inggria saja. Tapi ya aku juga dituntut dapat nilai bagus di situ," imbuhnya.

Derrick mendapatkan latihan yang cukup intensif di NBA Global Academy agar potensi terbaiknya bisa dikeluarkan. Seperti latihan sehari dua kali, olah tubuh di pusat kebugaran serta pendalaman skill basket.

Dengan posturnya yang mencapai 206 cm, Derrick mengaku banyak rekan-rekannya yang lebih tinggi darinya di sana. Tentu saja, itu berpengaruh pada penentuan posisinya.

Derrick menyebut bahwa dia senang bermain di posisi tiga atau empat. Sebab, dia adalah pemain Center yang lebih mengandalkan kecepatan bukan kekuatan fisik.

"Jadi aku lebih suka main di posisi tiga atau empat karena menurut aku itu posisi aku banget. Aku suka dribble, aku suka shoot, jadi itu tempat yang bener-bener aku pengen gitu," jelas remaja kelahiran Jakarta itu.

"Tapi kalau di Indonesia karena aku tinggi banget jadi engga mungkin aku bisa banyak dribble karena di Indonesia pemainnya tidak begitu tinggi terus mereka juga cepat-cepat, kalau kata orang (aku) gampang di steal karena aku dribble sesuai tinggi badan aku kan," tambahnya.

Kemudian, Derrick mengungkapkan bahwa mimpi terbesarnya adalah bisa bermain di NBA. Dia pun tak mau pilih-pilih klub jika menembus kompetisi terelit di Amerika Serikat itu, kendati dia sangat memfavoritkan Los Angeles Lakers dan Chichago Bulls.

Derrick Michael

"Mimpi terbesar aku pastinya main di NBA. Impian aku kalau masuk NBA ya klub mana saja mau karena ya engga pilih-pilih, asal masuk aja kita sudah seneng kan," tutur Derrick.

"Kalau klub favorit aku sih Los Angeles Lakers sama Chichago Bulls," lanjutnya.

Dikutip Youtube Inews, pendidikan di NBA Academy bisa berlangsung hingga 1,5 tahun sampai tiga tahun ke depan karena pandemi Covid-19. Namun, pekan ini Derrick tengah pulang ke Indonesia karena sedang menjalani masa libur dari akademinya.

Tentu saja, Derrick diharapkan bisa menjadi bintang NBA dan juga Timnas basket Indonesia di masa depan. Jika bisa menembus NBA, dia akan membuka peluang bagi pebasket Tanah Air lainnya untuk bisa tampil di liga bola basket terbaik di dunia itu.

Harapan setelah bisa masuk NBA pun semoga Derrick bisa terus bersinar dan mengharum namanya di kompetisi basket Amerika Serikat tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini