Meski Marc Marquez Mulai Pulih, Repsol Honda Akan Tetap Rekrut Pembalap Buangan MotoGP Ini?

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 38 2532108 meski-marc-marquez-mulai-pulih-repsol-honda-akan-tetap-rekrut-pembalap-buangan-motogp-ini-CsS793yLcf.jpg Pembalap buangan MotoGP ini dikabarkan akan direkrut Repsol Honda sebagai pengganti Marc Marquez untuk sementara waktu (Foto: Twitter/@HRC_MotoGP)

AALST – Marc Marquez mulai berlatih motorcross yang menandakan dirinya mulai pulih dari diplopia atau penglihatan ganda. Akan tetapi, Repsol Honda disebut tengah mempertimbangkan untuk merekrut pembalap buangan MotoGP ini sebagai pengganti Marquez jika tidak pulih 100 persen tepat waktu.

Sebagaimana diketahui, kondisi Marquez memang menjadi masalah tersendiri untuk Honda. Ketidakberadaan pembalap utamanya itu membuat Honda kesulitan, bahkan untuk mengembangkan motor RC213V yang akan digunakan di MotoGP 2022.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Namun, proses pemulihan Marquez tampaknya berjalan ke arah positif. Pembalap asal Spanyol itu pun sudah mulai main motorcross lagi.

Meski begiitu, belum diketahui apakah kondisi Marquez cukup baik untuk mengendarai motor MotoGP yang jauh lebih bertenaga dari motorcross. Sebelum Marquez mengunggah foto-foto sedang main motorcross ke instagram-nya (@marcmarquez93), Honda sudah menyiapkan jalan keluar alternatif jika The Baby Alien belum siap untuk balapan.

BACA JUGA: Kabar Baik dari Marc Marquez, Penglihatannya Membaik dan Sudah Latihan Motocross Lagi

Biasanya, Honda akan menunjuk pembalap penguji mereka, Stefan Bradl, sebagai pengganti Marquez saat The Baby Alien tidak bisa tampil, seperti di musim 2020 silam. Akan tetapi, Honda dikabarkan punya rencana lain kali ini.

Berdasarkan laporan Tuttomotoriweb, Jumat (14/1/2022), Honda melirik kemungkinan merekrut Iker Lecuona untuk sementara waktu mengisi posisi Marquez. Sekadar informasi, Lecuona adalah mantan pembalap Red Bull KTM Tech3 yang didepak pada akhir musim 2021.

Usai lepas dari Tech3, Lecuona dikabarkan akan merapat ke World Superbike (WSBK) pada musim 2022. Akan tetapi, laporan ini membuat pintu MotoGP tampaknya kembali terbuka untuk pembalap Spanyol berumur 22 tahun itu.

Kendati demikian, perekrutan Lecuona juga berisiko karena dia dianggap gagal bersama Tech3. Honda akan berjudi jika benar-benar menjadikannya pengganti Marquez meski hanya sementara waktu.

Iker Lecuona (Foto: Instagram/@ikerlecuona_@27)

Akan lebih aman bagi Honda jika kembali mempercayakan Bradl untuk menjadi rekan setim Pol Espargaro pada beberapa balapan musim depan. Sebab, sebagai pembalap penguji, Bradl tentu lebih paham RC213V ketimbang Lecuona yang butuh waktu lagi untuk beradaptasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini