Share

Fakta Unik Valentino Rossi Sengaja Kasih Jalan Marc Marquez saat Balapan di MotoGP Spanyol 2020

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 38 2530999 fakta-unik-valentino-rossi-sengaja-kasih-jalan-marc-marquez-saat-balapan-di-motogp-spanyol-2020-9HQ5kpDwsV.jpg Marc Marquez kala mentas di MotoGP. (Foto: Instagram/@hrc_motogp)

FAKTA unik Valentino Rossi sengaja kasih jalan Marc Marquez saat balapan di MotoGP Spanyol 2020 jadi hal yang ramai disorot publik beberapa musim lalu. Sebab, momen seperti ini bisa dibilang sangat jarang terlihat, apalagi Marc Marquez dan Valentino Rossi diketahui terlibat rivalitas sengit.

Ya, momen tak biasa itu terjadi di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 19 Juli 2020. Kala itu, Marc Marquez tampak sangat berambisi besar membuka musim dengan naik podium.

Marc Marquez kala menjalani balapan di MotoGP Spanyol 2020

Tak ayal, The Baby Alien -julukan Marc Marquez- tampil ngotot sejak awal balapan. Start dari posisi ketiga, Marquez pun sempat memimpin balapan, menyalip Maverick Vinales hingga Fabio Quartararo yang jadi pesaing terberatnya kala itu.

Namun, aksi Marc Marquez tak mulus 100 persen dalam balapan itu. Dia bahkan harus melewati kejadian dramatis yang nyaris membuatnya terjatuh. Insiden itu dialami pembalap Repsol Honda tersebut kala melintas di tikungan keempat kala balapan masih menyisakan 21 lap lagi.

BACA JUGA: Terpuruk Sejak Marc Marquez Cedera, Livio Suppo Beberkan Kesalahan Besar Honda

Beruntung, Marquez bisa dengan sigap menjaga dirinya di atas motor hingga tak terjatuh. Namun, dia teta harus menelan pil pahit karena terlempar ke posisi bawah, tepatnya tercecer ke urutan 16.

BACA JUGA: Pakai Motor yang Sama, Pol Espargaro Bingung Marc Marquez Bisa Lebih Cepat

Meski begitu, ambisi Marquez untuk bersaing memperebutkan podium tak surut. Dia tampil mengesankan dengan melesat secepat kilat dari posisi belakang. Marquez melewati satu per satu pembalap, termasuk Valentino Rossi yang ada di posisi belakang kala itu.

Di situlah, pemandangan tak biasa tersaji. Rossi yang dikejar Marc Marquez, terlihat tak seperti biasanya karena mau memberikan celah kepada sang rival untuk melewatinya dengan mudah. Alhasil, Marc Marquez bisa memperbaiki melaju ke depan lebih cepat.

Kakak dari Alex Marquez itu pun kemudian secara mengejutkan sudah berada di posisi ketiga dan mengincar Vinales yang ada di depannya. Namun, perjuangan keras Marc Marquez harus pupus pada putaran 21.

Pada tikungan keempat, dia lagi-lagi menghadapi mimpi buruk. Ia terjatuh dan terpelanting dari motor saat berusaha memperkecil jarak dengan Maverick Vinales. Pembalap tim Repsol Honda tersebut gagal melakukan epic comeback.

Marc Marquez dan Valentino Rossi

Meski begitu, aksi Marquez selalu dikenang. Apalagi, momennya kala menyalip Rossi. Banyak pihak mengaggap aneh kejadian itu karena memahami betul hubungan kedua pembalap di atas lintasan yang selalu terlibat persaingan sengit sejak 2013.

Bahkan, Rossi dan Marquez tampak tak ragu melakukan kontak fisik kala bersaing memperebutkan posisi di lintasan. Hal ini turut terlihat di MotoGP Malaysia 2015, Rossi diketahui menendang Marc Marquez hingga terjatuh dari motornya kala bersaing memperebutkan posisi dalam balapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini